Senin, 17 September 2012

Agama tertua adalah Islam bukan Hindu


Awal mula penyimpangan agama tuhan dari waktu ke waktu
Wikipedia dan sejarah menyebutkan bahwa Hindu agama tertua di dunia .Akan tetapi menurut sejarah Islam justru Islam lah agama yang tertua di dunia tetapi agama Islam pada zaman sebelum Nabi Muhammad adalah agama Islam yang belum sempurna ,karena pada waktu itu kitab-kitab dari Tuhan banyak yang di simpangkan karena menolak akan kedatangan nabi Muhammad ke Bumi serta menukarkan agama tuhan yang di bawah oleh utusan allah( Nabi) dengan ajaran nenek moyang orang –orang kafir terdahulu.
Seperti nabi zarathustra yang membawa agama tuhan ,itu pun disimpangkan ajarannya sehingga agama Zoroaster yang dulunya menyembah Tuhan menjadi penyembah api setelah beliau meninggal dunia.Begitupun ajaran kepercayaan yang di bawah oleh Sri Krisna yang mengajarkan bahwa Tuhan itu maha esa dan setiap yang mati akan kembali ke tanah tempat asalnya.Tapi adanya Trimurti adalah suatu bentuk penyimpangan umat manusia yang menyatakan bahwa Tuhan atau dewa itu ada Tiga serta pembakaran jenazah yang di lakukan oleh Hindu sekarang abunya di buang kelaut padahal mereka percaya bahwa manusia berasal dari tanah tapi malah di buang kelaut.
Di Internet di bebeberkan bahwa kitab suci Hindu kuno tertua ( Penelitian dari Profesor Hindu dari  ALAHABAD UNIVERSITY INDIA) menyatakan bahwa kitab Hindu kuno meramalkan akan kedatangan Nabi Muhammad yang akan meluruskan agama Tuhan yang banyak di simpangkan manusia .
Nabi Ibrahim termasuk utusan tuhan yang membawa agama tauhid( dari Tuhan).Ibrahim hidup pada tahun 3202 sedangkan Hindu berdiri Tahun 1000 an sebelum masehi.Berarti  Nabi Ibrahim lebih dulu lahir di bandingakn terbentuknya agama Hindu.Nabi Ibrahim merasa janggal dengan ajaran ayahnya yang merupakan agama buatan raja namrud karena agama yang diajarkan adalah agama yang menyembah patung yang tidak bisa berbicara ,sama seperti agama Hindu dan Buddha sekarang yang menjadikan patung sebagai simbol Tuhan untuk di sembah.Bahkan ayah nabi Ibrahim adalah orang yang pandai membuat patung untuk kerajaan Babilonia sehingga ayahnya di sukai oleh Raja Namrud.
Nabi Ibrahim pun melakukan pengembaraan mencari Tuhan hingga dia di datangi malaikat Jibril dan Jibril menyatakan bahwa Tuhan itu maha gaib tak bisa di lihat ,dialah Allah yang maha Esa.Kini Ibrahi mengetahui bahwa Tuhan sesungguhnya adalah allah yang maha gaib.Ibrahim adalah salah satu dari 25 nabi Islam yang di ceritakan dalam al-qur’an sedangkan Hindu tidak mengenal siapa Ibrahim.Terbentuknya kakbah,air zam-zam,dan batu Hajrul Aswat adalalah bukti bahwa Islam sudah ada jauh sebelum agama Hindu ada tetapi agama Islam waktu itu belum sempurna dan baru sempurna setelah adanya Muhammad SAW( nabi Terakhir).
Adapun berita yang di buat oleh beberapa situs orang kafir adalah suatu berita kebohongan mereka untik merusak sejarah Islam.Tapi ketahuilah bahwa Islam tidak menjiplak ajaran hindu justru Hindu lah yang menjiplak pakaian yang biasa di pakai oleh jema’ah haji.Islam tidak menjiplak ajaran Hindu seperti contoh bahwa islam tidak mengenal Trimurti atau Trinitas .Agama Hindu mengajarkan Trimurti bahwa Tuhan itu tiga bersemayam di dalam satu,ajaran ini mirip dengan Trinitas ( Agama Kristen)yang menyatakan bahwa Tuhan itu tiga di dalam satu .Agama Hindu dan Kristen mengajarkan konsep ketuhanan 3 IN 1( TRI IN ONE) yang artinya tiga di dalam satu.
Agama Hindu melakukan pembakaran mayat adalah inspirasi dari ajaran Namrud yang membakar Nabi Ibrahim kala itu.Agama buddha menyembah manusia bernama sidharta gautama buddha,agama yahudi juga menuhankan Yahweh( nabi Yaqub) yang juga peranakkan dari manusia.agama Kristen adalah agama buatan yahudi yang bekerjasama dengan Romawi Yuhani yang berguna untuk mendominasi Yahudi di dunia dan untuk menyisipkan ajaran nenek moyang bangsa Romawi ke dalam ajaran Kristen.Yahudi menyatakan bahwa Uzair itu anak allah dan kristen menyatakan bahwa yesus itu anak allah adalah bukti bahwa konsep ketuhanan kedua agama ini adalah menyembah nabi/manusia/dan menganggap nabi itu anak Tuhan.
Perlakuan ini di singgung dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 30 berbunyi” . Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan orang-orang Nasrani berkata: "Al Masih itu putera Allah." Demikianlah itu ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah mereka , bagaimana mereka sampai berpaling?

Siapakah orang-orang kafir terdahulu ?
Mereka orang-orang kafir  yang menyimpangkan dan menukarkan ajaran sidharta gautama buddha dan sri krisna .Mereka menukarkan ajaran yang tidak di ajarkan oleh sidharta gautama buddha dan sri krisna.Padahal Kedua utusan tersebut mengajarkan untuk menyembah Tuhan yang maha esa dan maha gaib.
PERSAMAAN TRINITAS DAN TRIMURTI
Hubungan Yunani dan Hinduisme
Kebudayaan Hindu termasuk kebudayaan tua dunia. Kebudayaan ini, dengan mitologinya, bahasa Sanskertanya, maupun filsafatnya, mempengaruhi begitu banyak kebudayaan-kebudayaan lain, didunia. Kita dapat melihat pengaruh ini di Cina, Jepang, Indonesia, bahkan sampai ke Yunani. Pengaruhnya terhadap Yunani, berlangsung jauh sebelum Yesus lahir. Pengaruh Hinduisme di Yunani ini, dapat dilihat dari persamaan-persamaan mitologi Yunani dengan Hindu. Sebagai contoh, dapat ditelusiri dari persamaan nama-nama pahlawan dalam mitologi Yunani yang berasal dari bahasa Sanskerta. Begitu juga nama-nama dewa-dewa Olympus, nama-nama suku bangsa dan nama-nama orang dalam sejarah Yunani, sebelum masehi, banyak yang berasal dari bahasa Sanskerta. Dan ini bukan sebuah kebetulan.
Sebagai contoh dapat dikemukakan, sebagai berikut :
Dalam Mitologi Yunani, terdapat nama-nama :
Yunani : Herakles = Pahlawan
Hindu : Hara Kala = Pahlawan pertempuran (gelar untuk Syiwa)
Yunani : Theseus = Pengiring Herakles
Hindu : Thasa = Pengiring Syiwa
Yunani : Aeakus = 1 diantara 3 hakim di Hades (neraka),
Hindu : Ahaka = Hakim yg keras
Yunani : Rhadamantus = Hakim alam barzah ,
Hindu : Rhada-manta = Orang yg menghukum kejahatan
Yunani : Ariadne = Cinta pada Theus dan menurut musuh
Hindu : Ari-ana = Yang dibujuk musuh
Yunani : Andromeda = Korban untuk Poseidon (Dewa Air)
Hindu : Andha-ra-medha = Pemikul derita Dewa Laut
Yunani : Perseus = Pahlawan, anak Zeus
Hindu : Para-saha = Penolong pada saat yg tepat
Yunani : Kentauren = Separuh manusia, separoh kuda
Hindu : Kentura = Manusia kuda
Dewa-dewa Olympus :
Yunani : Jupiter = Dewa Langit, Pencipta, Pemberi hukum
Hindu : Dyaus Pitar = Bapak Langit
Yunani : Pallas = Dewi Kebajikan
Hindu : Palasa = Budi
Yunani : Athena = Dewi Kesucian
Hindu : A-tanaia = Tak melahirkan anak (suci)
Yunani : Bellona = Dewi perang (Romawi)
Hindu : Bala-na = Kekuatan tentara
Yunani: Neptunus = Dewa Air
Hindu : Na-pata-na =Kekuatan yg menguasai banjir
Yunani : Mars = Dewa Perang
Hindu : Mri = Pembunuh
Yunani : Pluto = Dewa alam barzah
Hindu : Plushta = Yang menghukum dgn api
Nama-nama suku bangsa
Yunani : Pelasga = Suku Yunani kuno yg kejam
Hindu : Palaca-ga = Yg berperang tanpa belas kasihan
Yunani : Hellenes = nama suku bangsa
Hindu : Hela-na = Penempur yg merebut Hela (negeri Rembulan)
Yunani : Sparta = sebuah suku bangsa yg kuat
Hindu : Spardha-ta = Penantang
Nama-nama orang Yunani, juga sangat anyak yg berasal dari bahasa Sanskerta, seperti :
Phytagoras (Ahli Matematika dan filsuf Yunani, 582-507 SM), berasal dari bahasa Sanskerta; Pitha-guru yg artinya Ahli Ilmu.
Anaxagoras, filsuf Yunani, 500-428 SM, berasal dari banahsa Sanskerta; Ananga-guru yang artinya Ahli roh.
Selanjutnya kita dapat melihat persamaan kata dalam bahasa (Y)unani dengan bahasa (S)anskerta, seperti :
pitar (S) = pater (Y), yg artinya, bapak
matar (S) = mater (Y), yg artinya, ibu
bhratar (S) = frater (Y), yg artinya, saudara laki-laki
trikona (S) = trigonon (Y), yg artinya, segitiga
ambu (S) = ombros (Y), yg artinya, awan hujan
axas (S) = axon (Y), yg artinya, poros
acris (S) = akros (Y) yg artinya, puncak
Dari contoh-contoh yg cukup banyak ini, meyakinkan sekali bahwa kebudayaan Yunani sangat dipengaruhi oleh Hinduisme.
Apa hubungan Hinduisme dengan Kekristenan ?
Yesus terlahir dalam lingkungan Yahudi. Bahasa yang digunakannya adalah bahasa Ibrani. Tapi kenapa kitab-kitab perjanjian baru (Injil) hampir seluruhnya ditulis dalam bahasa Yunani ? Seharusnya, kitab-kitab tersebut ditulis dalam bahasa Ibrani, karena bahasa inilah bahasa yang digunakan oleh kaum Yahudi, kaum Yesus sendiri. Ini menunjukkan, bahwa agama Kristen, berkembang dalam kebudayaan Yunani. Sedangkan kebudayaan Yunani sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu.
Dyaus dalam bahasa Sanskerta atau Zeus dalam bahasa Yunani, sampai sekarang tetap tidak berubah. Nama ini dioknumkan menjadi Zeus Pater atau Jupiter dalam kepercayaan Yunani, atau Zupitri dalam bahasa Sanskerta, sebagai Tuhan Bapak. Zeus = Dyaus = Theos = Tuhan, sedangkan Pater=Bapak=Pitar.
Dalam Hinduisme, Tuhan dioknumkan sebagai Bapak (Zupitri), yaitu Brahma. Wisnu, yang merupakan oknum kedua adalah Anak Tuhan., yang dapat menjelma menjadi manusia dalam bentuk Krisna dan Rama. Sedangkan Shiwa, adalah Roh Suci. Dari kenyataan ini dapat kita lihat persamaan yang sangat akurat dengan Trinitas.Dalam Bhagavad Gita (Nyanyian Tuhan), pada ayat ke-14, dalam Kitab yang sama, Krishna bersabda kepada Arjuna :
Karena aku adalah Tuhan
Dalam tubuh ini
Kehidupan abadi
Tak akan musnah
Aku adalah kebenaran
Dan kebahagiaan selama-lamanya

Adakah Anda melihat persamaan makna dengan salah satu ayat dalam Injil…?
Siapakah Krishna?. Krishna adalah penjelmaan Dewa Wishnu, melalui manusia biasa, Devanaki. Hal ini persis sama dengan dengan Yesus, yang diyakini oleh umat Kristen, sebagai Tuhan, yang dilahirkan oleh perempuan manusia bernama Maria.Kelahiran Yesus, diriwayatkan sama dengan kelahiran Krishna. Kelahiran Krishna digambarkan dalam Athar Veda, salah satu Kitab Suci Hindu sebagai berikut :
Pada suatu malam, waktu raja Kansa tak dapat tidur, berdirilah baginda diteras istananya, digerakkan oleh suatu kekuatan gaib. Ia melihat bintang bergerak dan sinarnya jatuh ke Bumi. Ia bertanya kepada istrinya, Nysumba (seorang ahli sihir, pemuja Dewi Kali, yaitu dewi kerinduan dan kematian), tapi Nysumba tidak mengetahuinya. Maka dipanggillah Brahmana-Brahmana (Pendeta-Pendeta Hindu), untuk melihat bintang itu dan menceritakan kebenarannya. Pendeta-pendeta Hindu tersebut, lalu menceritakan, bahwa itu adalah pertanda turunnya Tuhan ke dalam tubuh manusia yang dikandung oleh Devanaki, anak saudara perempuan baginda raja sendiri. Anak yg dikandung itulah yang akan menjadi Tuhan di dunia, raja dunia.
Bandingkanlah riwayat ini dengan riwayat kelahiran Yesus, dalam Injil Matius, yang ditandai dengan bintang yang cemerlang yang bergerak, dan berhenti diatas tempat dimana Yesus dilahirkan.Karena riwayat kelahiran Krishna, jauh lebih tua dari riwayat kelahiran Yesus, sedangkan Injil yang berkembang adalah Injil berbahasa Yunani, dimana kebudayaan Yunani sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu, maka apa yang dapat kita simpulkan dari kenyataan ini?.
Yang dapat kita simpulkan :
Ajaran Trinitas adalah modifikasi dari ajaran Trimurti Hinduisme. Brahma dalam Hinduisme dimodifikasi menjadi Allah Bapa, Wisnu dimodifikasi menjadi Yesus Anak Allah dan Syiwa dimodifikasi menjadi Roh Kudus.
Suber dan resensi buku:
1.       Ilmiah, ditulis oleh O.Hashem, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka, Perpusatakaan Salman, ITB, thn 1983.
2.       Pengamatan Arman Jhen charles
di terbitkan ke: MAJALAH ARMANEES

289 komentar:

  1. pencerahan buat sy
    makasih ya gan

    BalasHapus
  2. Ini bukti jika alquran itu tdk ilmiah, ahli sejarah sda membuktikn bahwa agama tertua di dunia.

    Kesimpulan ajaran islam bertentangan dgn sejarah.

    Btw kmu ga bljar sejarah ya waktu skolah dasar? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. as long as i know ya bro..... Al-Quran itu kitab suci yang turun utuh tidak kurang tidak lebih dari dulu terus tidak ada edisi lama atau pun edisi baru ya kayak begitu itu dari zaman nenek buyut jadi ga ada keraguan itu asli apa palsu soalnya the one and only one in the world ............!

      BTW kalo kitab ada edisi baru terus ada yang lama berarti KORAN dong ......hahahahah gw beli yang bekas dech lumayan buat bungkus gado gado .......ckckckckckck

      Hapus
    2. Buku/Kitab apapun yang mengaku Kitab SUCI, harus terbebas dari Intervensi dan Investasi Manusiawi, Al-QUR'AN itu sepenuhnya (baik isi maupun redaksi) adalah 'Produk' dari Alloh SWT.
      ALhamdulillah, sampai saat ini belum ada Seorangpun yg mampu membuat Kitab Semisal AL-Qur'an.

      Hapus
    3. oo, alquran justru sangat ilmiah untuk kami orang islam, coba saja kalian cockan ilmu pengtahuan tentang bagaimana bumi tercipta, bentuk bumi yang bulat, hukuman untuk oknum pencuri, anatomi tubuh manusia, susnan planet2, gaya gravitasi bumi, sistem perputaran matahari, ...well semuanya cocok dengan ilmu modern, bahkan diakui oleh profesor dan sarjana2 di dunia banyak menemukan hal2 ilmiah dari al-quran, dan dengan peristiwa sejarah pun well sangat akurat untuk kami orang islam, cockan saja oleh kalian wktu muhamad hijrah, waktu fathu makkah, semuanya akurat, ya bagi kami orang islam ilmu pengetahuan dalam alquran itu seperti contoh kecil gaya gravitasi bumi dan perputaran matahari dan bentuk bulatnya bumi sngat ilmiah untuk kami, mungkin bagi kalian saja itu bukan ilmiah, mungkin kalian berfikir bumi itu datar seperti yang gereja terdahulu sampaikan, atau seperti Umat Hindu di India mengangap bahwa bumi diusung 8 ekor gajah raksaksa yang jika kelelahan akan mengeleng-gelengkan kepalanya dan mengakibatkan gempa bumi. nonsense,. salam damai

      Hapus
    4. Ots... Hati" berpendapat bro.... knp jdi bawa" hindu... Dri awal, artikel d blog ini sdh salah besar. Dlm hindu, Tuhan tdk sma dgn dewa. Hindu memuja Tuhan yg tunggal, bukan dewa. "Eko Narayana Nadwityo asti kascit" artinya Tuhan hanya satu Tidak ada duanya.... sdh jlas hindu hanya memuja 1 Tuhan, namun umat hindu jg tetap menghormati para dewa yg merupakan utusan Tuhan untk mmbntu umat manusia mendekatkan diri kpda Tuhan.

      Terus yg ke dua. dlm hindu, bumi djlaskan bukan seperti komentar agan. Bumi dlm hindu sama dgn yg ada dlm ilmu exacta....

      Yg ketiga, Hindu dktakan ada pd thun 1000-an sblm masehi karena baru pda saat itu orang arab menamainya. Nama asli hindu adalah Sanathana Dharma (kebenaran yg abadi. Kitab veda yg mrupakan kitabnya umat hindu diturunkan jauh sebelum bumi ini diciptakan. Jd, ttp lbih Tua Hindu dri pada Islam.

      Yg ketiga, apakah dlm bahasa arab ada arti kata "allah"? kata Allah berasal dari bahasa sanskrta. Salah satu dari sekian banyak nama yg dimiliki oleh Tuhan yg Tunggal yakni "Isvara Allah". Sy mengungkap ini karena agan yg duluan main" dgn Hindu...

      Hapus
    5. jadi, kenapa dewa yg disembah, bukan tuhan ?setiap kuil pasti beda2 dewa nya, kuil dewa siwa dewa brahma, kenapa tidak tuhan saja yg disembah, kan dia penciptanya.. kalau dewa sbg utusan kenapa tidak meneladani sifat2 dewa saja kenapa harus sampai menyembah ?

      Hapus
    6. memang agama Hindu adalah yg tertua, tapi agama Islam memang ada sejak dulu tetapi baru disempurnakan pd masa Nabi Muhammad SAW. dulu nama agama Islam adalah agama Tauhid

      Hapus
    7. TRP, adam hawa dijadikan patokan bahwa agama mu tertua. Bukannya adam hawa dari ajaran Nasrani dan Yahudi ? jangan-jangan ajaran Yahudi berasal dari Hindu. Hanya dengan satu dua kata di kitab kemudian bisa klaim klaim. Ramayana ada sekitar 2 juta tahun yg lalu, kitabnya lengkap dan banyak ayat. Bukti jembatan Ramayana ada.
      Contoh lain adalah cerita banjir besar Nuh / Noah ternyata ada di Hindu yaitu Manu. Jadi banyak ajaran di asia barat berasal dari Asia Selatan / timur.

      Hapus
    8. Habib alam. Disinilah ketidak tahuan tentang agama Hindu. " kenapa sembah dewa, tdk menyembah Tuhan, kan dia penciptanya".
      Pertanyaan ini akan abadi sepanjang pengertian tentang Tuhan menurut persepsi ajaran yg berbeda dg ajaran Hindu. Ajaran anda mengatakan Tuhan adalah sesosok yg ada jauh disana, pencipta sebagaimana manusia membuat barang, yg justru menyamakan Tuhan seperti halnya kehidupan sehari-hari, ada orang yg membuat dan ada barang.

      Ajaran agama Hindu tentang Tuhan tdk seperti itu. Tuhan itu diistilahkan Brahman (Om), yg Rohani tanpa wujud dan tdk terbatas. jadi sdh pasti Brahman tdk bisa dilihat bahkan jika kita sdh meninggal. Dewa itu berwujud , bersifat tapi Rohaninya adalah percikan Brahman, Dewa memiliki kesadaran Brahman. Ketika memuja Dewa sesungguhnya memuja Brahman juga. memuja dlm ajaran Hindu hanya metode kebaktian utk pencerahan kita sendiri. Tuhan itu sdh sempurna dan tdk kekurangan tdk ada ego sampai disembah-sembah.

      Seluruh mahluk dan alam semesta juga manifestasi Brahman, tdk ada sesuatupun diluar Tuhan. Namun utk orang yg cara pencerahan dg cara kebaktian , kebaktian bisa kpd Dewa atau Avatar, karena berkesadaran Brahman walaupun sebenarnya Brahman ada dimana-mana,

      Hapus
    9. Assalamu'alaikum
      mau tambahi dikit Bro..

      " Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu (Adam), dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan (manusia) laki-laki dan perempuan yang banyak. ........." ( QS. An-Nisaa', ayat ke-1 )

      " Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga 'Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing), (sebagai nenek moyang, asal usul) satu keturunan yang sebagiannya (keturunan) dari yang lain. Dan Allah Paling Maha Mendengar lagi Paling Maha Mengetahui." ( QS. Ali-'Imraan, ayat ke-33 sd ke-34 )

      Nabi Ibrahim as. mempunyai 2 anak. ( Nabi Ismail as & Nabi Ishaq as ) disini saya akan bahas Nabi Ishaq as, yang mempunyai anak Nabi Yakub as. selanjutnya menurunkan 12 suku bangsa israel (Yahudi ), yg tak lain dari 12 Anak Nabi Yakub as itu sendiri.
      untuk masa selanjutnya ke 12 suku bangsa ini akan terpecah mnjadi 2 yaitu Israel Utara ( Samaria/10 suku bangsa ) dan Israel Selatan ( Yerusalem/2 suku bangsa ). selama 2 abad 2 kerajaan ini berdiri kokoh sampai diserang dan di kalahkan oleh Nebukadnezar II ( Iraq ) sehingga membuat ke 12 suku bangsa israel tsb eksodus besar2an ke bbrp tempat dan salah satunya adalah Iran ( Persia ). yg nantinya Bangsa israel ( Yahudi ) ini di persia disebut Bangsa Arya.
      Nah...bangsa Arya inilah nantinya yg sangat berpengaruh dlmperkembangan Agama Hindu dan Budha di India. setelah menyingkirkan bangsa asli India ( Dravidian / Dravida )Coedes (2010: 204).
      untuk persamaan kebudayaan/bahasa dng Yunani itu juga beralasan krn pada saat itu di Iran (Persia) pernah diduduki oleh Kerajaan Yunani Kuno Hegemoni dari Makedonia ( Alexander Agung ).
      harap di ingat pada masa Nabi Musa as. ada seorang brnama Samiri yg membuat patung berhala ( Anak Sapi ) yg bisa berbicara. nah inilah yg sangat besar dugaannya sebagai nenek moyang dari bangsa arya. karena dilihat dari perkembangan dr Agama Hindu di india yg menganggap hewan sapi sebagai hewan suci sampai sekarang
      sedangkan untuk umat / Agama Hindu di Indonesia, saya kurang tau persis, apakah Agama Hindu di Indonesia berasal atau sama dng yg ada di India.
      sedangkan yg saya baca dari sejarah..., bahwa agama / kebudayaan Hindu Indonesia berasal dari India ( maaf kalau salah )
      jika agama Hindu indonesia sama dng di India, kenapa ajarannya kok berbeda? di india menganut 3 dewa ( trimurti ) sbg Tuhan, sedang di Indonesia kok 1 Tuhan walau tetap dng Trimurti sbg perantara?
      apakah sebuah agama dari tuhan bisa berubah ajarannya kalau berpindah tempat ( menyesuaikan tempat dan adat ) ?
      mohon menjadi renungan untuk semua.

      Wasalamu'alaikum........

      Hapus
    10. Gua setuju sma lu bro..islam itu agama yg sngaja ngebuang sejarahnya supaya ngga ktauan bangkenya !!

      Hapus
    11. Hari mendoaza TOLOL !!! Mau aja lu dibego begoin sma muhammad yg buta hurup itu,yg ngga bisa baca tulis !!!!!
      Alquran tuh ngejiplak dri alkitab trus ditambahin sma cerita2 dongeng arab trus ditambahin lg sma khayalan tingkat tingginya muhammad yg bilang di surga itu ada pelacuran bidadari,di indonesia aja digrebek sma fpi !!!
      Lo baca digoogle,klo manuskrip alquran tertua didunia ditemuin dimasjid dinegara yaman,isinya beda sma alquran skrg !!! Itu bukti yg paling otentik,palibg nyata klo alquran itu sering dirobah robah !!! Lo tau ngga knpa alquran ngga boleh diterjemahin lngsung kesemua bahasa???? Spya org2 islam yg begok itu ngga tw klo trnyata alquran isinya banyak cerita bokepnya si muhammad !!!

      Hapus
    12. Selamat malam mas agra rizky . Berapa umur anda? Saya prihatin sm komentar anda yg sebetulnya menjadikan anda keliatan terlalu bodoh untuk memposting komentar. Anda org kota? Pasti anda berpendidikan donk? Ayoo yg cerdas posting nya jgn mau posting pke hawa nafsu iblis..ngaca deh, ada kaca kan? klo blm bisa ber attitude mending jgn posting ya..thanks before *semoga jd inspirasi bagi anda

      Hapus
    13. Herimanu.
      Di agama Hindu juga ada manusia pertama, apa kalian mau mengakui manusia pertama beragama Hindu?
      Pandangan anda 3 dewa Trimurti sebagai 3 Tuhan, demikianlah pandangan Tuhan Esa dr ajaran agama sendirilah yg keliru, salah tafsir, lebih tepatnya anda tdk tahu apa2 tentang Tuhan Esa berdasarkan ajaran agamamu, kemudian mau menafsirkan Tuhan Esa dr ajaran agama lain.
      Anda hanya tahu Tuhan itu esa, tp sesuatu yg tdk diketahui, tapi disambung dg kata maha mencipta maha penyang, tdk boleh disekutukan, tdk beranak, gitu saja kan.
      Katanya tanpa perantara, langsung, tp langsung kpd yg tdk diketahui apa, siapa dan bagaimana itu Tuhan Esa.

      Hapus
    14. Mas Arga Rizky, anda islam atau kumpulan orang orang kafir ya ? apa anda sudah ada bukti dari mana al qur'an itu mengikuti kitab lain ? apa anda sudah tau kehuidupan di zaman nabi muhammad SAW sehingga anda mengatakan seperti itu ?

      Hapus
    15. mas Asep Pradana.....apakah nabi kalian menganggap bahwa agama lain kafir?apakah nabi kalian mengajarkan untuk menghina agama lain?karna yang saya tau di agama saya di ajarkan untuk saling menghormati agama lain...lihatlah pemimpin Indonesia terdahulu,mereka mengganti sila pertama agar Indonesia tetap kokoh dan tidak saling membedakan...lihatlah skrg,untuk apa ada agama jika tidak bisa mempunyai dunia yang damai...apakah allah akan mengahargai kita jika kita saling menghina ciptaannya?

      Hapus
    16. Ade,
      "Dewa itu berwujud , bersifat tapi Rohaninya adalah percikan Brahman, Dewa memiliki kesadaran Brahman. Ketika memuja Dewa sesungguhnya memuja Brahman juga"

      kalau patung batu kaku itu disembah, makanya batu itu wujud disitu. tapi dibilang Tuhan mu wujud tidak bertempat.
      Pusing deh...hihi

      Hapus
    17. Dalam agama hindu. Tuhan dan dewa itu berbeda.
      Tuhan itu satu tiada duanya sedangkan Dewa adalah manifestasi atau sinar suci dari tuhan dan wujudnya banyak.
      Jadi patung batu yang kita lihat di pura2 itu hanya sebagai perlambangan atau sebagai perantara untuk memuja para dewa
      Jadi bukan berarti hindu itu menyembah batu.

      Hapus
    18. Allahhuakbar kami tetap menyembah Allah bukan menyembah rasulnya para dewa hampir sama dengan rasul dia menyuruh kita menyembah Tuhan yang satu bukan menyuruh kalian menyembah dia

      Hapus
    19. To arga rizky
      cuci kaki bobo ya, minta mama nina boboin, terus minta di bacain kisah Herkules ya, soalnya cerita Herkules mirip kisah Tujannya Arga rizky, dan tolong tanyain mama ya, mana yang dulu lahir Herkules atau Yesus, kalau duluan Herkules, minta ama Tuhan Yesusnya agar panggil Herkules dengan abang Herkules, Saolnya si Zeus bapaknya Herkules kakak dari Bapaknya Yesus

      Hapus
    20. To Arga rizky
      Saya kasihan sama anda, mata hati anda telah tertutup, tidak bisa melihat kebenaran, pikiran andapun jadi tumpul. Coba anda berpikir secara netral, bandingkan dua kitab suci Al Qur'an dan Alkitab. Lupakan dulu dokrin Gereja dan pendeta, saya yakin anda akan mendapat kebenaran, semoga Allah memberi anda hidayah.

      Contoh :
      Nabi Muhammad SAW memuliakan nabi2 sebelumnya.
      Sedangkan Alkitab anda memberi gelar pendosa para nabi2 sebelumnya, apakah mungkin Allah keliru memilih orang2 pilihannya?, gunakan akal anda, kalau anda benar2 tau kalau Allah itu maha tau.
      Dan bila Nabi Muhammad SAW menghinakan nabi2 sebelumnya, maka saya yang akan katakan bahwa Nabi Muhammad SAW telah berbohong.

      Taukah anda bahwa Al Qur'an dan hadist shohih Nabi Muhammad SAW terbukti sejalan dengan ilmu pengetahuan sekarang. Sedangkan Alkitab sebagian kecil sejalan sebagian besarnya bertentangan dengan ilmu pengetahuan, gunakan akal anda.
      Saya katakan demikian karena banyak ayat dalam Al Qur'an yang diakhiri dengan kalimat *bagi orang2 yang berpikir, *bagi orang2 yang mempunyai akal. AlQur'an menyuruh kami untuk berpikir, menggunakan akal kami, bukan dengan kata *imani sajalah, *percaya sajalah.

      Hapus
    21. To Arga Rizky
      Jangan terlalu membenci sesuatu yang belum kau mengerti tentangnya, karena siapa tau kau akan mencintainya melebihi kami mencintainya. Karna yang hal demikian sering terjadi di dalam Islam.
      Karna hal inilah aku baru percaya orang bilang "jarak antara benci dan cinta sangatlah tipis"

      Hapus
  3. Hahahaa... Sepertinya Anda tidak rela kalau agama anda itu Copast dari agama-agama sebelumnya... Kasiiaaaaannn bangeeettt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru yang copas itu islam, allah itu kan tuhannya kristen juga selain yesus dan roh kudus.. :p

      Hapus
    2. oo, bagaimana bisa didalam alquran yang menjelaskan bumi itu bulat dan mempunyai gaya gravitasi itu mengcopy injil yang tidak menjelaskan bumi itu bulat, bahkan gereja kalian pada jaman dulu bilang bumi itu datar dan sampai2 menghukum mati seorang ilmuwan yang mengemukakan kebulatan bentuk bumi, aneh, justru injil yang mengkopas mitos yunani bahwa bumi itu datar yang dalam injil ada ayat yang mengatakan yesus dibawa kegunung yang tinggi dan melihat seluruh kerajaan bumi, itu hanya mungkin kalau bumi datar, sedangkan kalau bumi bulat kita tidak akan bisa melihat semua isi bumi walaupun di puncak gunung everest yang tertinggi di dunia sekalipun, selain trinitas yang mengcopy trimukti dalam hindu. lagipula islam tidak pernah mengcopas allah itu tuhan sebanding dengan yesus dan roh kudus. islam itu hanya memuja allah tanpa memuja yang lain,

      Hapus
    3. Dasar begok lu cuwk !!!
      Sama aja lu kya muhammad yg ngaku2 jd nabi... Muhammat itu cma orang psikopat+skeptis+pedofil yg suka bertapa di goa ama doyan ngesex..otaknya cabul sma kya ustad2 skrg pd cabul

      Hapus
    4. Mas arga rizky brani nya di web aja neh..ktmuan lah yuk saya mau tau statement anda bisa di pertanggung jawabkan apa tidak? Jujur bahasa anda ini buat saya adalah sangat penghinaan,jgn mancing2 mas , hati2 akibatnya dr bibir anda.. saya tunggu pertemuan dengan anda silahkan kasih pertrmuan tempat dan waktu ke reynaldoricky5@gmail.com , hasil discuss saya dan anda akan kita tampilkan ke public ini, setuju? Saya tunggu jawaban anda bung.

      Hapus
    5. Maaf semua..kalian memperdebat agama..kalian seharus nya tau nenek moyang kalian siapa atau leluhur kalian..sudah jelas indonesia sebelum nya agama kejawen..djepang aja agamaleluhur nya shinto.,kalian baca sejarah indonesia.peninggalan agama hindu pertama diindonesia.gk mikir leluhur kalian hindu.bukannya dilestarikan.kayak kita dibali.msih melestarikan warisan leluhur..maaf bagi yg islam..saya jelasin ini.agar kalian mengerti kalian itu lahir diindonesia.dan tahu siapa latar belakang kita.islam lahir diarab..ya jelas orang arab agama islam. Tulisan al quran juga arab..sedangkan kalian diindonesia baca tulisan arab.trus tulisan leluhur kalian tahu?.gak malu sama nenek moyang,mereka susah payah membuat peradaban agama.

      Hapus
    6. Bener itu kadek....
      Mereka semua gk menghargai nenek moyang mereka/ leluhur mereka yang beragama hindu
      Tapi malah menghargai penjilat.
      Kalian gk malu mengakui agama kalian itu sedangkan nenek moyang kalian itu beragama hindu.
      Kalian cuma mengagungkan hal2 yg justru berbeda dengan budaya dan tradisi asli indonesia

      Kita beralih kekerajaan
      Apa kalian tau kenapa kerajaan hindu budha itu hancur. Yg tidak lain adalah kerajaan nenek moyang kalian semdiri.? Salah satu sebabnya adalah karena masuknya agama islam ke indonesia. Yang mempengaruhi rakyat indonesia.

      Apa itu agama yg kalian banggakan
      Klk aku sih (NO)

      Aku paling benci dengan agama yang merebut atau mengambil atau mengalihkan kepercayaan orang

      Itu ku sebut (SAMPAH).

      Hapus
    7. @kadek&coc dewa.... komentar anda sangat bagus. Tapi saya ingin bertanya, apakah manusia bisa memilih dari rahim siapa dia lahir?? Dan dimana dia akan lahir?? Dan saya rasa hal itu sangat sulit terjadi bahkan tidak mungkin. Oleh sebab itu apakah anda pernah berandai2... seandainya anda lahir didalam keluarga muslim dan diwilayah muslim apakah anda akan berkomentar seperti di atas. dan sebaliknya bahwa mereka yang ngakunya muslim,berandai2 mereka terlahir di tanah bali dan didalam keluarga hindu akankah mereka berkomentar seperti d atas. Hemmm... saya rasa tidak. Sebab menurut hemat saya, agama bukanlah suatu obyek untuk diperdebatkan akan tetapi untuk dijalani.

      Hapus
  4. Islam itu agama termuda, buktinya dia lahir setelah kristen ada..
    opini dengan bukti minim= hoax..

    memang sudah sejauh apa anda meneliti? terlalu membanggakan asumsi yang masih dangkal tanpa bukti valid itu tidak baik..
    jangan suka memutarbalikan sejarah & mengkhayal bahwa islam itu agama tertua..

    inilah orang - orang yg terlalu fanatik sehingga buta akan kebenaran dan pastinya memiliki pandangan sempit dan otak yg juga sempit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah anda termasuk bani israil. padahal isa/yesus dirinya diutus Allah hanya untuk kaumnya saja, Bani Israil, dan bukan untuk umat manusia seluruh dunia.

      semoga ALLAH memberikan petunjuk pada anda,,amieen

      Hapus
    2. Setuju gue bro

      Mereka cuma memutar balikan fakta sejarah yang sudah terbukti.

      Dan cuma mengutamakan khayalannya saja yang tidak terbukti kebenaranya.

      Hapus
  5. Arti dari ISLAM adalah tauhid yaitu menyembah TUHAN yang maha Esa so kalo agama yang lain ikut menyembah tuhan kenapa tidak masuk islam sekalian .islam itu indah dan ga ribet kebanyakan tuhan ,cuma ada 1 yaitu ALLAH SWT
    ngapain banyak 2 Tuhan ntar kita bingung nyembah nya CAPEK dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang tuhan ada brapa brp?,emang agama lain menyembah apa?,tuhan kan?,setiap agama menyembah tuhan namun sebutan dri setiap agama dan ajaran nya berbeda tetapi tuhan mnurut sya tetap satu,di agama hindu pun menyembah satu tuhan,dewa dewa di agama hindu sebenarnya manifestasi atau cahaya dri tuhan yg memiliki tugas msing2 untuk alam semesta ini,maaf kta2 agak kurang di mengerti msih kls2 smp

      Hapus
    2. "Ekam Sat Viprah Bahuda Vadanti" Orang bijak menyebut Tuhan dengan banyak nama. Ilustrasinya gini. Seorang guru, disekolah dipanggil Pak Guru, drmh dipanggil Ayah, n mslkn dia jga mmpunyai jbtn sbagai lurah, d masyarakat psti dpnggil sebagai lurah. Tpi, orangx tetap 1 kan.....

      Hapus
    3. emang harus semua umat manusia masuk agama islam???, umat manusia bisa menentukan agamanya sendiri....... DE PI (penting ibe)

      Hapus
    4. Akan ada suatu masa dmna hanya akan ada 1 agama didunia yaitu islam .

      Hapus
    5. @jaya wikrama : setuju bli.. tyang sebagai agama hindu mendukung bli.. lanjutkan.

      Hapus
    6. hahaha anda lucu sekali, belajar dulu agama Hindu baru komentar...seperi lebih banyak saya Tahu islam daripada anda tahu Hindu...
      yg banyak itu Dewa, penamaannya, bukan Tuhan :v
      anda search google sajalah sana dulu...mgkn otak anda sebatu ponari saja gedenya.

      Hapus
    7. Buat apa masuk agama penjilat
      Masak setiap mau lebaran orang islam itu harus merampok buat bisa lebaran helloooo apa itu yg di ajarkan oleh agama kalia haaa..

      Trus agama islam itu indah ???
      Indah dari mananya? Dari lubang sedotan.!
      Coba lo lihat asal agama islam. Dari asalnya di timur tengah aja daerahnya tandus dan gersang apa itu yang lo bilang indah hahaha.....



      Coba lo semua lihat agama hindu. Daerahnya saja dibali udah dijadikan surga dunia penduduknya ramah. Mendingan kalian semua balink lagi ke agama hindu. Toh jga nenek moyang kalian dulu beragama hindu. Ngapain kalian masuk agama yg merusak tradisi dan budaya indonesia..


      Maaf kalau ada yang tersinggung itu mutlak pendapat saya.

      Hapus
  6. Ibrahim hidup th 3202, Hindu berdiri th 1000an sebelum masehi. In berarti nabi Ibrahim lebih dulu lahir dibanding terbentuknya Hindu.....What ??? Kenapa kebodohan kamu perlihatkan di publik? Baca Hindu dari sumber yang benar ! Jangan main copy paste tanpa cross chek terus buat kesimpulam sendiri kalo Islam agama tertua bukan Hindu. Sebagaimana dijelaskan dalam bab IV sloka 1 : "Bhagawad gita semula disabdakan kepada Dewa Matahari, Vivasvan, oleh Sri Kresna lebih dari 120 juta tahun yang lalu. Sesudah itu, Bhagawad gita turun temurun melalui garis perguruan raja-raja yang suci. Bhagawad gita lebih dikenal di masyarakat sejak masa Maharaja Iksvasu 2 juta tahun yang lalu.. Sri Kresna menyabdakan kembali Bhagawad gita kepada Arjuna 50 abad yang silam. Kalo buat opini dan kesimpulan gali data lebih banyak dan jangan tergesa-gesa. Kalo dah begini saya kasian sama admin. Sudah buang-buang waktu ternyata yang ditampilkan sampah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo, bukanya kalian megaku ngaku ibrahim itu adalah pendeta hindu dan mengaku ngaku nama ibrahim tertulis didalam weda kuno. bukanya kalian bilang bahwa hindu asalnya dari barat dan dibawa oleh orang aria(indo jerman)ke asia liwat turkistan dan kurdistan(iran/irak)dari situlah ibrahim berasal berarti weda yang diturnkan sebelum nabi ibrahim kalau menurut kalian kan? kenapa kalian baru menyangkal sekarang? weird

      Hapus
    2. dan kalu dilihat lagi islam lah agama yang pertama, karena dalam alquran kami yang benar dan datang dari allah bahwa adam manusia pertama beragama islam, sedangkan hindu dtang jauh setelah adam dan weda terbukti ada beberapa yang tidaj cocok dengan ilmu pengetahuan modern yang berarti bukan datang dari tuhan melainkan datang dari manusia jaman dulu yang ilmu pengetahuannya tidak semaju jamn sekaran seperti bumi yang ditopang oleh 8 gajah. sistem kasta yang sangat diskriminatif terhadap sudra walaupun sudra itu sendiri beragama hindu. jelaslah dari situ.

      Hapus
    3. kalian semua bodoh.
      mau aja di adu sama blog kayak gini.
      udah jelas blogspot.

      informasinya tidak jelas.....siapa tau yang posting abis make narkoba....yaaa ngarang !

      Hapus
    4. Sekedar memperjelas. Hindu tdk mengenal kasta. Makanya belajar hindu dari orang yg tau agama hindu... bukan dari mencontek

      Hapus
    5. Kita lihat saja nanti, agama mana yg benar, hidup islam !!!

      Hapus
    6. Sorry bro
      Weda sudah ada sebelum planet planet ini terbentuk.


      Coba lo semua nonton mahadewa disitu dijelaskan hindu sudah terbentuk berjuta tahun yg lalu. Dan agama hindu itu lahir di india tepatnya di lembah sungai hindus.
      Dan bukan dari luar negara india.

      Hapus
    7. Weda sudah ada sebelum bumi terbentuk ? Buat siapa itu weda diperuntukan ? Goblok banget sih anda

      Hapus
    8. Weda sudah ada sebelum bumi terbentuk ? Buat siapa itu weda diperuntukan ? Goblok banget sih anda

      Hapus
  7. yang namanya agama pasti di ajarkan budi pekerti bersifat universal coba agama islam kenapa selalu ada kekerasan.terorisme,apa TUHAN mu mengajarkan seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. perang itu harus, untuk membasmi orang bejat harus dengan perang seperti nabi daud, musa, muhamad, tapi hindu itu lebih kejam dan rasis, sementara tuhan ngak mungkin rasis,: “Apabila orang Sudra kebetulan mendengarkan Kitab Weda dibaca, maka adalah kewajiban raja untuk mengecor cor-cor timah dan malam dalam kupingnya; apabila seorang Sudra membaca mantra-mantra Weda, maka raja harus memotong lidahnya, dan apabila ia berusaha untuk membaca Weda, maka raja harus memotong badannya.” (Gotama Smarti:12).

      Hapus
    2. Riski linked: anda yakin muhamad itu org baik? Kalo dia org baik dia ngak akan mengajarkan membunuh org yg tidak segama dengan dia. Agama anda itu agama yg berasal dari org yg buta hurus, jd wajarlah pola pikirnya kayak org2 yg ga berpendidikan

      Hapus
    3. to:aku kamu
      anda tdk prnh tau tntang nabi Muhammad SAW,jd anda jngn asal bicara,apakah anda punya bukti klo Muhammad mengajarkan umatnya sperti yg anda katakan, Muhammad hnya mengajarkan membela agama bukan memerangi agama, klo ada umat islam yg suka brtindak smena2,tu d'karenakan k'imanan nya,bukan kah d'stiap agama juga ada umat yg baik dan buruk ,..
      klo anda mrasa yg brpendidikan sbelum anda brkomentar handa hrus brfikir dulu dan hrus pnya bukti yg kuat klo ingin mnjelek2n nabi Muhammad.

      Hapus
    4. to:Ryan
      Anda jga tdk tahu tentang bgaimn hindu yg sebenarnya, jdi kita hrus sma" berhati" kalau brpndapat.

      Hapus
    5. to:Ryan
      apa itu isis ? apa itu Al-qaeda ? apa itu FPI ? bukankah semua itu islam ? semua organisasi itu HANYA mementingkan klompok mereka jadi jelas islam adlah agama perusak. tapi semua keserakahan islam akan dihapuskan oleh dewa visnu yang akan turun ke bumi dengan reinkarnasiNYA sebagai "KALKI AWATARA"

      Hapus
    6. to: prasta
      sebenarnya Islam itu tidak mengajarkan kekerasan. tetapi ISIS Dan al Qaeda itu bukanlah cerminan Islam ITU sendiri. Dan sesungguhnya Islam ITU mengajarkan kedamaian

      Hapus
    7. Agama sebagai acuan hidup mas2 sekalian, dan diantara penganutnya ttp ada yg jahat, memakai agama untuk hal tertentu..bukan ajaran nya donk tp pribadi nya donk klo mau disalahkan?

      Hapus
    8. Bukankah ISIS dan Al Qaeda sudah mengakui bahwa mereka adala organisasi islam .


      Sudahlah memang dasarnya agama islam itu perusak.

      Trus gimana dengan gereja dan pura yang sudah kalian rusak dan bakar.
      Mewakili semua agama kecuali islam: apa pernah kami merusak masjid atau tempat ibadah kalian.

      Apa ini yg di ajarkan agama islam kepada umatnya.

      Hapus
    9. To coc.dewa
      saya mau tanya sama anda tolong di respon.
      Belanda membunuh berjuta2 manusia, apakah Islam mengatakan Kristen Teroris?
      Hitler membunuh berjuta2 manusia, apakah Islam mengatakan Kristen teroris?,
      Musolini membunuh berjuta2 manusia, apakah Islam mengatakan Kristen teroris?
      Amerika membunuh berjuta2 warga sipil kemudian balik menuduh Islam teroris, apakah ini adil bagi umat Kristen?

      Hapus
    10. To Coc Dewa
      Tolong jangan berhalusinasi, kapan itu terjadi dan dimana?, kalaupun itu terjadi pasti kalianlah yang memulainya. Karena umat Islam seperti LEBAH.
      Kami umat Islam tidak terbetik sedikitpun untuk menambah atau mengurangi isi kitab suci kalian, tapi kenapa umat agama lain menambah2 hadist Nabi kami, dan untung Al Qur'an dijaga keasliannya oleh Allah SWT, kalau tidak Al Qur'an sudah tercemar oleh tangan2 jahil mereka, seperti yang mereka lakukan terhadap kitab2 suci mereka sendiri

      Hapus
    11. To Coc Dewa
      Fakta
      dimanapun didunia.ini, mayoritas Islam, minoritasnya aman damai dan sentosa bahkan bisa di tambahkan kata makmur. Kalau Islam minoritas, ditindas, dibantai, dikucilkan dll, gunakan nurani dan akal anda sebelum berkomentar, jadi nggak terkesan seperti orang bodoh, kiper, gatek.

      Hapus
  8. comen dikit:
    menurut saya agama itu satu, yaitu dari tuhan yang maha ESA. yang membuat beda hanyalah rasa gengsi untuk menerima yang baru. Yesus alias Nabi Isa as. merupakan nabi yang diturunkan Allah kepada Bani Israil. Tugasnya adalah untuk menyelamatkan Bani Israil dari kesesatan yang telah lama dilakukan kaum tersebut. Allah SWT masih menyayangi kaum Musa as. ini dan menurunkan satu nabi lagi khusus untuk mereka. Nabi Isa as. mengaku jika dirinya diutus Allah hanya untuk kaumnya saja, Bani Israil, dan bukan untuk umat manusia seluruh dunia.

    Di dalam Injil sendiri ada peristiwa di mana Yesus menolak seorang wanita Kanaan (Palestina) yang meminta anaknya disembuhkan dari kemasukan setan,Yesus menolak dan mengatakan, “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15 :24). Yesus sendiri menolong perempuan itu juga, namun tidak menyuruh perempuan itu untuk ‘pindah keyakinan’. Penegasan itu juga nampak dari pesan Yesus kepada para muridnya yang mewantiwanti mereka untuk tidak menyebarkan ajarannya kepada orang selain dari Bani Israil.

    Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 10:5-6)

    Telah jelas bahwa Yesus menegaskan dirinya hanya untuk Bani Israil. Namun para misionaris mengklaim bahwa hal itu hanya berlaku sebelum kebangkitan. Setelah dibangkitkan maka misinya untuk umat manusia seluruh dunia. Perubahan mendasar ini berangkat dari ajaran Paulus, seorang Yahudi dari Tarsus yang mengaku-aku sebagai murid Yesus.

    BalasHapus
  9. Agama mengajarkan tentang kebaikan dan kebenaran, kalau kita menghujat agama lain, itu bukanlah orang yang beragama tetapi orang yang tidak mengenal agama, orang beragama adalah orang yang berusaha untuk menjadi orang baik dan benar...

    Sayangilah semua mahkluk ciptaan Tuhan jika kita ingin mendekatkan diri dengan-Nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo syetan/iblis ciptaan sp brow?klo ane suruh sayangi syetan,iiih..ngeriiii..

      Hapus
    2. tidak semua agama, hanya islam yang benar. mana mungkin kami percaya bahwa bumi itu datar, mana mungkin kami percaya bahwa tuhan ada banyak yang berarti butuh partner (naudzubillah), mana mungkin kami percaya bumi ditopang 8 gajah, mana mungkin kami percaya bahwa kaum sudra itu harus ditindas, mana mungkin kami percaya bahwa batu atau patung itu memberi berkah, no way! hanya alquran didalm islam yang menentang sangkaan sangkaan diatas. saya harus meluruskan! hanya allah yang tidak dilahirkan dan tidak tidur dan makan lah yang meridhoi islam gama seluruh umat manusia. salam damai

      Hapus
    3. Bener dari mana? Membunuh sesama manusia yg beda agama apakah itu perbuatan yang benar? Nabi anda menikahi anak umur 6 tahun, apakah itu perbuatan yang benar???

      Katanya agama anda tidak menyembah berhala, tp kenapa harus naik haji? Padahal sudah jelas2 kabah itu berhala?

      Anda tau hajar aswad yg ada di kabah: itu lingga yoni milik umat hindu.

      Hapus
    4. atas dasar apa anda bilang ka'bah itu brhala, umat muslim saja tidak prnah mnyebut2 ka'bah itu brhala, anda bodoh tntang islam tp anda sperti yg paling memahami islam.

      Hapus
    5. bodohlah kamu ni.hindu is the best agama

      Hapus
    6. to rizki:
      memang agama hindu memuja batu dan memuja patung tpi didalam batu dan patung itu ada tuhan di dalam batu dan patung tersebut. agama islam cuman memuja tembok yang cuman isi gambaran saja.-)) pikir baik-baik jangan ceploas ceplos. kayak anda sudah benar sekali

      Hapus
    7. Pencipta melihat mahkluknya ketika meninggal adalah hal2 kebajikan nya

      islam , kristen,hindu,budha dll is the best? Iya is the best bagi anda yg menjalankan sesuai keyakinan, klo tidak? Percuma donk...

      klo anda semua mau mencari siapa yg bagus, ya mbok di pelajari inti, dan lakukan..bukan jd sok malah anda semua debat agama saya yg paling hebat, biarkan hidayah yg menjawab ,

      Cerdas bung cerdas...jgn jd keblinger, klo anda semua yakin dengan agama anda, terapkan donk dlm tindakan dan prilaku sehingga menjadi contoh yg bisa diteladani..iya toh?

      Hapus
    8. Kalau anda mau tau isi alquran terdiri dari surat2 panjang,sedang dan pendek

      semua di jabarkan dlm alquran sebagai induk dari semua kalam ilahi yg di turunkan olehnya * kecuali kitab2 yg di buat dari pemikiran manusia loh

      saya ajak anda cerdas nih, yuk di teliti deh..stt..komen yg cerdas ya bung

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. yaa, sejarah uda banyak dibolak-balikan. kebenaran sejarah dianggap relatif, padahal kebenaran itu hanya satu. "batu pada hakekatnya bakal jatuh jika dilempar ke atas, tapi klu sudah diakali pasti melayang atau bahkan tidak pernah turun lagi"
    ini lah yang terjadi pada sejarah, yang didalamnya terdapat agama kebenaran yang difirmankan olehNYA, sang pencipta.
    kelompok agama samawi(langit) yang asalnya dari agama Tauhid.. Islam, Yahudi, Kristen pasti mengakui adanya Adam as, manusia pertama di bumi. sedangkan agama ardhi(bumi) tidak mengakui adanya Adam as. agama tauhid disampaikan olehNYA kepada adam agar diajarkan ke anak2 dan keturunan adam selanjutnya hingga akhir jaman, dan pada akhirnya terselewengkan oleh keturunannya sendiri yang banyak tergoda oleh bisikan setan hingga terdapat Yahudi, Kristen, Majusi(penyembah api) akibat adat manusia saat itu, shingga Islam sebagai penyempurna. tetapi Islam pun sekarang juga banyak penyelewengan, tidak menutup kemungkinan Islam yang murni sudah tercemar. Begitu pun dengan agama yang lainnya, Budha, Hindu, dsb
    terima kasih #no_offense

    BalasHapus
    Balasan
    1. nope. islam banyak dislewngkan macam syiah, ahmadiyah,dll oleh orang2 orientalis, tapi islam yang murni masih ada sampai sekarang , kitan alquran yg murni masih ada sampai sekarang, makanya kita orang islam itu keras terhadap orang kafir orientalis yg suka nyelewngin agama allah, tapi sama orang kafir netral ya kita orang islam pun damai dengan mereka, jadi kalau orang kafir musuhin kami orang islam, kami pun memusuhi kalian, kalau kalian mengadakan perjajnjian damai dengan kami , maka kami pun damai dengan kalian . simple

      Hapus
    2. Agama anda agama terorist, udah banyak membunuh org2 yang ga berdosa. Apakah itu agama yang anda bangga2kan

      Hapus
    3. Kejahatan dibalas kejahatan itu tidak baik, tetapi kejahatan dibalas dengan kebaikan it bar baik' salam damai

      Hapus
  13. Seorang Islam akan menyakini agamanya, seoarang Kresten juga menyakini agamanya, seoarang Hindu-Budha juga akan menyakini Agamanya, untuk itu marilah kita nyakini Agama Kita masing-masing dalam sanubari yang paling dalam, janganlah menjelekkan agama lain, Berbuat Baik-lah selalu kepada semua Orang/seluruh mahluk hidup, dan yang terpenting selalu tersenyum kepada Tuhan/Allah/SangHyang Widhi/ sehingga kita selalu Damai...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. nope, dalam ajaran kami islam, kalau ada sesuatu yang salah, wajib kami luruskan, kami orang berakal, kami tau sifat penyelewengan dengan embel2 damai, dan debat secara rasional itu syah syah saja, asal menggunakan bahasa yang baik! jadi kami juga wajib berdakwah kepada kalian dengan cara dan bahasa yang baik melalui penyadaran logika, kalu kalian tidak mau ya terserah kalian, kami tidak akan memaksa dengan tindakan fisik untuk ikut agam islam kami, itu sesuai dengan dakwah nabi muhamad, kalau ada penyelewngan akidah sperti itu ya kami pun akan dakwah pemikiran dan tidak ada paksaan sesudahnya. again and again simple. salam damai

      Hapus
    2. Nabi muhamad ga pernah berdakwah dengan damai, bahkan mekah di ambil alih dengan cara pertumpahan darah

      Hapus
  14. Saya seorang atheis, dan saya merasa lebih bangga menjadi atheis dari pada orang yg mengaku dirinya beragama tetapi tidak memiliki sedikitpun etika dan moral dengan menjelek2kan keyakinan orang lain dan mengaggap dirinya paling benar.

    BalasHapus
  15. Aku tidak malu disebut AGNOSTIK, bagiku itu lebih merupakan pujian.
    Aku tidak berpura-pura tahu, ketika banyak orang yang tidak tahu justru yakin.

    BalasHapus
  16. Udah, ga usah pada ribut. Udah jelas yang nulis ngerasa tulisannya aja yang paling benar kok.
    Menyanggah dia cuma bikin dia ngelunjak dan bikin emosi.
    Yang nulis ini salah satu orang munafik yang sok salam damai tapi omongannya sama sekali ga mencerminkan itu.
    Kamu bukan nabi bro, dan aku yakin kamu bukan manusia yang lepas dari dosa.
    Kamu itu racun buat negara dengan beraneka ragam budaya seperti indonesia.
    Semoga Tuhan berbaik hati sama kamu dengan ga akan memposisikan kamu untuk menggantungkan hidup pada umat agama lain selain Islam.
    Karena mungkin gengsimu bakal lebih tinggi dari nalarmu untuk nerima bantuan dari agama lain yang kamu bilang tidak benar itu dengan mengatasnamakan agama yang kamu anggap paling benar itu.
    Semoga suatu saat ada pencerahan untukmu.
    Salam

    BalasHapus
  17. “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”(Al-Baqarah: 256). allahuakbar.....## “Sesungguhnya telah ada suri tauladan
    yang baik bagimu pada Ibrahim dan
    orang-orang yang bersama dengan dia;
    ketika mereka berkata kepada kaum
    mereka: “Sesungguhnya kami berlepas diri
    daripada kamu dan daripada apa yang
    kamu sembah selain Allah, kami ingkari
    (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami
    dan kamu permusuhan dan kebencian
    buat selama-lamanya sampai kamu
    beriman kepada Allah saja…” (Al-
    Mumtahanah: 4)..

    BalasHapus
  18. بسم الله الرحمن الرحيم


    قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ١
    اللَّهُ الصَّمَدُ ٢
    لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ٣
    وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ٤

    artinya:"dengan menyebut nama allah yang maha pengasih lagi maha penyaya.
    1.“Katakanlah, Dialah Allah Yang Maha Esa”.
    2.“Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu”
    3.“Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan”
    4.“Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”

    BalasHapus
  19. Qul yaaaaa ayyuhal kaafiruun
    (1) Katakanlah: “Hai orang-orang yang kafir.”
    Laaa a'budu maa ta'buduun
    (2) Aku tidak menyembah apa yang kau sembah.

    Walaaa antum 'aabiduuna maaaaa a'bud
    (3) Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.


    Walaaa ana- 'aabidun(m) maa 'abattum
    (4) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.

    Wa laaa antum 'abiduuna maaa a'bud
    (5) Dan kamu tidak pernah pula menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.

    Lakum diinukum waliya diin
    (6) Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku. (surat Al_ kafirun ayat1-6)

    BalasHapus
  20. Islam itu agama yg haq (benar)
    Penyempurna agama agama lainnya
    Jika kalian semua mencemooh islam sama saja anda tergolong kaum kafir
    Siksa azab allah menunggu kalian
    Ber tauhid lah kpd allah..agama penyempurna adalah islam

    BalasHapus
  21. Silakan saja agan" menghina islam. Tapi sebelum anda menghina cari tau dulu apa itu islam? Apa itu alquran? Siapa nabi itu? Apa aja dalam hukum islam? Yg non muslim tolong pelajari dulu sebelum menghina islam n nabi kami. Sesungguhx allah itu maha pemaaf n maha penyayang. Semoga yg menghina islam diterangkan hatix.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ISLAM ADALAH AGAMA YANG HANYA MEMENTINGKAN KAUMNYA SENDIRI. MEREKA TIDAK PERNAH MENGENAL YANG NAMANYA SISTEM PERSAUDARAAN. JADI ISLAM ITU TIDAK BENAR DAN TIDAK NYATA.

      Hapus
  22. Agama apapun tidak ada yang mengajarkan untuk menghina penganut agama lain.
    Kita semua sepakat untuk menyembah Sang Pencipta Sang Maha Kuasa TETAPI kita tidak sepakat dalam hal CARA2 & Bentuk2 beribadah kepada SANG PENCIPTA.
    Kita semua akan mati... pada saat itu kebenaran akan nampak jelas kepada kita. Apakah kita termasuk yang beruntung atau yang merugi..

    BalasHapus
  23. "Wikipedia dan sejarah menyebutkan bahwa Hindu agama tertua di dunia .Akan tetapi menurut sejarah Islam justru Islam lah agama yang tertua di dunia"

    dari kalimat2 awalnya aja dah ketauan kalo ni artikel tolol abis (artikelnya ato pnulisnya ya)

    BalasHapus
  24. Cuma bisa bilang tolol bodoh pea gila! Manusia cmn andalin logika. Terkadang logika bikin sesat.

    BalasHapus
  25. Yaaahhhhh....tnggu aj ntr trhdp hri yg telah di janjikan....!!!

    BalasHapus
  26. Saya muslim.
    Berdasarkan pengalaman saya pribadi, berikut adalah kesimpulan-kesimpulan saya selama mempelajari 4 Agama dan 1 Aliran Kepercayaan tersebut untuk mendapatkan ketetapan hati dan keyakinan penuh adalah:

    1.Hal paling pertama dan paling utama untuk dipelajari dan dibahas dalam perbandingan agama adalah isi/kandungan dari Kitab Sucinya beserta keotentikannya dalam masa perjalanan kehidupan di tiap zaman, kesesuaian ajaran/tuntunan di dalamnya, dan pengaruhnya jika dijalankan dengan benar. Baru setelah itu pelajari juga sejarah/riwayat sang "utusan" dan masyarakat penganutnya. Jadi jangan HANYA berpatokan pada riwayat "Utusan" pembawa pesannya saja dan jangan pula HANYA berpatokan pada perilaku masyarakat penganutnya.
    Mengapa?
    Jika hanya berpatokan pada "riwayat hidup" sang "utusan" pembawa pesan saja, maka kita akan banyak menemukan banyak "kabar simpang siur" beraneka ragam yang seringkali bertentangan dan membingungan. Coba pikirkan: berapa ratus/ribu/juta tahun jarak waktu masa kehidupan kita sekarang ini dengan masa kehidupan para "utusan" Tuhan tersebut? Di jaman sekarang saja, kejadian yang berlangsung baru setahun yang lalu disaat sekarang beritanya bisa sangat jauh berbeda dengan kejadian/keadaan yang sebenarnya waktu itu akibat banyaknya "bumbu cerita tambahan" dan penyelewengan/pembelokan riwayat, bagaimana dengan keadaan/kejadian yang jarak masa-nya ratusan/ribuan/jutaan tahun berabad-abad yang lalu?
    Jika hanya berpatokan pada perilaku pada masyarakat penganutnya, maka kita akan lebih banyak lagi menemukan benturan dan kebingungan. Sebab KEBAIKAN yang diajarkan oleh SEMUA agama di dunia tidak akan terlihat dalam perilaku sehari-hari jika tidak dipelajari, dipahami, dan dijalankan DENGAN BENAR oleh para penganutnya! Dan dari pengalaman proses pencarian saja bertahun-tahun lalu saya menyimpulkan: SEMUA AGAMA MENGAJARKAN KEBAIKAN! Jika ada suatu masyarakat yang terlihat jelas berperilaku buruk/jelek, maka jelas sekali masyarakat penganut suatu agama/keyakinan tersebut tidak mempelajari, tidak memahami, dan tidak menjalankan ajaran/tuntunan isi Kitab Suci mereka dengan baik dan benar. Itu sekarang namanya "OKNUM"! Jadi masyarakat tersebutlah yang salah, bukan Kitab Suci atau agamanya yang salah! Berdasarkan pengalaman saya, selalu ada "penjahat" di setiap lingkungan masyarakat beragama. Itulah fungsi agama: memberi tuntunan/ajaran agar masyarakat tidak menjadi "penjahat", baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.......

    2.Hal kedua untuk dipelajari dan dibahas dalam perbandingan agama adalah: Mengapa ajaran/tuntunan agama dan kepercayaan yang selalu mengajak pada kebaikan selalu mendapatkan respon/tangggapan sikap yang berbeda dari masyarakat penganutnya hingga menimbulkan banyak benturan, perpecahan, dan permusuhan? Di sinilah fungsi para pemuka agama itu harus dijalankan dalam upaya mempelajari, memahami, dan melaksanakan ajaran/tuntunan agama berdasarkan Kitab Suci dengan baik dan benar. Bahasa Tuhan itu sederhana, tidak ada yang sulit dipahami. Yang sulit itu menghilangkan sikap sombong, ego berlebihan, dan kemalasan dalam belajar agama dan mengaplikasikannya. Maunya serba praktis dan mudah saja, malas bertanya dan malas belajar yang bener. Baru sekedar tahu satu-dua ayat saja sudah sok merasa paling benar sendiri saja tanpa mau membuka diri pada kebenaran yang datangnya bukan dari pihak yang disenangi/diinginkannya (mirip kelakuan zionis israel aja!). Jadi jelas...saat terjadi benturan dan kesalahpemahaman tentang suatu hal, bukan agama atau Kitab Sucinya yang salah. Sekali lagi manusianya lah yang salah bersikap dan berperilaku!

    Sebagai penutup, kembali saya mengingatkan JIKA INGIN MENCARI KEBENARAN YANG DATANGNYA DARI TUHAN YANG HAKIKI, HILANGKANLAH SIKAP SOMBONG, SOK TAHU, MAU MENANG SENDIRI/EGO, DAN KEMALASAN BELAJAR AGAMA DENGAN BAIK DAN BENAR TANPA TERLALU BANYAK ALASAN!

    BalasHapus
  27. Ots... Hati" berpendapat bro.... knp jdi bawa" hindu... Dri awal, artikel d blog ini sdh salah besar. Dlm hindu, Tuhan tdk sma dgn dewa. Hindu memuja Tuhan yg tunggal, bukan dewa. "Eko Narayana Nadwityo asti kascit" artinya Tuhan hanya satu Tidak ada duanya.... sdh jlas hindu hanya memuja 1 Tuhan, namun umat hindu jg tetap menghormati para dewa yg merupakan utusan Tuhan untk mmbntu umat manusia mendekatkan diri kpda Tuhan.


    Yg ketiga, Hindu dktakan ada pd thun 1000-an (Tpisetau sy, sjarah mngatakanx 6000 thn) sblm masehi karena baru pda saat itu orang arab menamainya. Nama asli hindu adalah Sanathana Dharma (kebenaran yg abadi. Kitab veda yg mrupakan kitabnya umat hindu diturunkan jauh sebelum bumi ini diciptakan. Jd, ttp lbih Tua Hindu dri pada Islam.

    Yg ketiga, apakah dlm bahasa arab ada arti kata "allah"? kata Allah berasal dari bahasa sanskrta. Salah satu dari sekian banyak nama yg dimiliki oleh Tuhan yg Tunggal yakni "Isvara Allah". Sy mengungkap ini karena agan yg duluan main" dgn Hindu...

    skli lgi law mau nulis, pelajari dlu apa yg mau agan tulis.

    BalasHapus
  28. Puja kerang ajaib. Hahahaha... :D

    Anda semua ini berdebat seolah anda2 ini seorang pemuka agama yang T.O.P.
    Agama tidak harus dimengerti cukup diyakini.
    Agama tidak bisa dinalar bro....

    Pikirkanlah !!!

    BalasHapus
  29. Sudahlah pelajari agama kalian sendiri dengan benar jangan cuma setengah setengah insya alloh akan dibimbing masuk kedalam islam.jangan berdebat gak baik :)

    BalasHapus
  30. pasti muslim koplak ini yang bikin blog :v
    baca sejarah kok sumbernya quran :v
    kitab hoax banyak cacat

    BalasHapus
  31. semua tuhan-tuhin dan dewa-dewi yang pernah dikenal anmanya adalah hoax, dan tidak satupun pernah terbukti ada. islam sama dengan kristen yahudi hindu dan peradaban kuno lainnya yang menyembah dewa-dewi pagan. hoax semua.
    gunakan otak kalian, buang itu kitab2 yang membuat kalian bodoh, karena kebodohan itulah kesesatan kalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga yg ngomen diatas diberi hidayah bukan dilaknat
      Amin

      Hapus
  32. Jgn mau di adu domba blog macam beginia, buang buang watu !

    BalasHapus
  33. sebenarnya agama hindu sudah ada sejak 6000-7000 tahun SM .lalu agama islam ada sejak 622 M lihat lah agama hindu ada sejak "sebelum masehi " dan agama islam ada sejak"masehi" baca baik-baik, . jdi buang saja ini buang tak terbukti

    BalasHapus
  34. pernahkah agama islam mempunyai manusia jelmaan tuhan? tidak!!!, agama hindu mempunyai manusia jelmaan tuhan(Avatara) <pernahkah agama islam mempunyai itu???? No way!!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue ksh tau ame loe kristen hindu itu agma orng bodoh udah tau patung yang bikin dia tp knpa di sembah seharusnya patung itu yang menyembah pembuatnya bukan yang buatnya patung itu/ otak di taro di pantat.

      Hapus
    2. abu nawas...yang bodoh siapa?setau saya agama Kristen ga nyembah patung....dan kami ga pernah ngatain bahwa agama lain itu bodoh karna belum tentu agama kita sendiri benar....mungkin ada yang ngatain agama orang tapi bisa jadi juga dia tidak tahu apa apa entang agama?anda mengejek agama orang,apakah anda tahu betul tentang agama?yang otaknya di pantat siapa?ga belajar biologi ya?bocah ketawa gua bacanya

      Hapus
  35. mending cari kebenaran agama kalian masing2,tetap pakai akal sehat dan nalar sebelum berpendapat,kita ini negara yang ber Bhineka Tunggal Ika,mending berfikir untuk memajukan negara ini bukan untuk mencari perbedaan yang bisa memecah belah tapi mencari kesamaan untuk bersatu menjadi bangsa yang besar dan tiada tandingannya.

    BalasHapus
  36. http://muslimharustahu.wordpress.com/artikel/

    BalasHapus
  37. asyhadualla illa ha
    illallah, wa asyhadu anna
    muhammadarrasulullah , tiada tuhan
    selain allah dan muhammad rasulullah,
    semoga dengan membaca ini, artikel
    sampai comment+debat, dapat
    menambah iman dan taqwa saya,
    intinya LAKUMDINUKUM WALIYADIN,
    "UNTUKMU AGAMAMU, UNTUKKU
    AGAMAKU"

    BalasHapus
    Balasan
    1. PREETTTT...........................................................!

      Hapus
  38. asyhadualla illa ha
    illallah, wa asyhadu anna
    muhammadarrasulullah , tiada tuhan
    selain allah dan muhammad rasulullah,
    semoga dengan membaca ini, artikel
    sampai comment+debat, dapat
    menambah iman dan taqwa saya,
    intinya LAKUMDINUKUM WALIYADIN,
    "UNTUKMU AGAMAMU, UNTUKKU
    AGAMAKU"

    BalasHapus
  39. Mengapa hindu menyembah dewa?,karena dewa merupakan sinar suci Tuhan,dan merupakan manifestasi nya,yg di gunakan sebagai titik fokus saat ibadah,agar fikiran kita bisa fokus,gak jalan2 ke mol atau mikirin yg lain nya. Nah klau kalia apa yg kalian gunakan sebagai titik fokus?? N di mana fikiran kalian saat ibadah???

    BalasHapus
  40. Sekedar pencerahan untuk kalian yg non hindu,dlm ajaran hindu Tuhan memiliki 2 sifat yaitu:
    1.NIRGUNA BRAHMAN arti nya, Tuhan yg tidak memiliki rupa wujud dan bentuk (ACITYA) arti nya tak terfikir kan,
    2.SAGUNA BRAHMAN, artinya Tuhan yg memiliki rupa atau wujud, sebagai bentuk penghayatan pada Tuhan dan juga titik fokus saat ibadah.
    dan dalam kitab bagawad gita dewa wisnu menampak kan wujud semesta nya pada arjuna dan bersabda "AKU LAH BRAHMA,AKULAH SIWA,AKULAH LAKSMI,AKULAH SARASWATI,AKULAH PARWATI,AKULAH GANESA " dia hanya satu namun orang bijak sana menyebut nya dengan banyak nama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah dalam islam juga memiliki 99 sifat yang tertuang dalam Asmaul Husna. mungkinkah sebenarnya wishnu, brahma, siwa, hanyalah sifat bukan dewa? coba kita diskusi sebentar,
      brahma adalah yang berhubungan dengan penciptaan, dalam islam, Allah memiliki nama Ya Khaaliq yang artinya Maha Pencipta,
      Wisnu adalah Pemelihara, dalam Islam, Allah memiliki nama Ya Hafiizh yang artinya adalah Maha Pemelihara.
      Siwa adalah pelebur. dalam Islam, Allah memiliki nama Ya Muiid yang artinya Maha Mengembalikan.

      lalu bukankah mungkin ada saja manusia yang menggunakan nama-nama Allah untuk anak2nya? seperti Rahman, Hamiid yang semuanya memiliki makna.. lalu mungkinkah orang yang bernama Wisnu yang kalian katakan memiliki avatar Khrisna adalah orang yang bersifat baik, memiliki akhlak yang baik, bermanfaat bagi sesamanya, lalu ketika Wisnu meninggal, banyak rakyatnya yang berkata "Seandainya Wisnu masih ada, tidak akan ada bencana dan celaka kepada kita. Oh Wisnu, dimanakah kau? Tolonglah kami." lalu kemudian orang2 tersebut mulai menyembah Wisnu. Padahal Wisnu tidak meminta dirinya disembah?

      Perlu Anda sekalian ketahui ya, ketika Nabi Muhammad mati, banyak pengikut Islam yang sedih dan akan menjadi penyembah Nabi Muhammad. Tapi disana ada teman2 nabi (Abu Bakar, Utsman, Umar, Ali) yang berkata dalam pidato yang amat sangat menyelamatkan, yaitu:

      "Ketahuilah Semuanya, Sesungguhnya Hari ini Muhammad telah mati. karena itu janganlah kamu menyembahnya. Tapi sembahlah Tuhanmu yang Maha Hidup dan Maha Abadi. Sesungguhanya Tuhanmu tidaklah mati seperti Muhammad"

      Jika bukan karena Ridha Allah melalui ucapan itu, jadilah kami, umat Islam juga sama seperti kalian, berkata menyembah Muhammad sebagai titik fokus dalam beribadah kepada Tuhan.

      Dan ayu eka, jika boleh saya sarankan, bacalah, bacalah dan bacalah kitabmu sendiri. pahami isinya, sesuaikah dengan keadaan saat ini? dengan keadaanmu yang kadang senang dan kadang sedih? sesuaikah?

      karena dalam Islam, dan merupakan perintah terindah bagi manusia adalah " Bacalah, dengan menyebut nama Tuhanmu yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

      Hapus
    2. saya anggap itu benar karna itu keyakinan anda keyakinan tentang agama saya tidak bisa mempersalahkan. maaf mungkin beberapa postingan ini menyinggung anda sebagai pembaca. tapi alangkah baiknya anda bisa menjadi penengah antara perbedaan pendapat tersebut. yang baik dibaca oleh semuanya.
      jadikan kayakinan anda itu, sebagai perbaikan dari semuanya perdebatan yang gak ada habisnya..
      "intinya Tuhan melakukan segala sesuatu untuk hal yang Baik". munculnya Agama Agar manusia punya keyakinan untuk membuat dirinya selalu dijalan benar menurut Agamanya. dan Agama juga selalu mengajarkan pentingnya menjaga keharmonisan dari segi apapun,terlebih sesama ciptaan-NYA. jgm memperdebatkan masalh yang malah mempersulit keharmonisan. okk... salam untuk semua

      Hapus
  41. Memang kenyatan itu sangat pahit,bahkan dlm kaum islam pun terjadi perbedaan pendapat,seperti sang penulis ini yg menyatakan islam adalah agama yg tertua,namun ada sebagian yg menganggap bahwa islam adalah agama yg terakhir dan penyempurna dari semua agama, wah..wah...wah ...terserah kalian aja lah,lagian gak ada untung nya berdebat masalah ginian, mending kerja biar dapet uang ,trus jln-jln ke luar negri ,asyik kan.....?

    BalasHapus
  42. Salah semua nya. Yang jelas agama pertama dan terakhir itu adalah islam. Mengapa..? Krn agama hindu, buddha, yahudi dan kristen adalah agama yg telah disempurnakan menjadi islam sbg agama tunggal dr smua nya krn perubahan zaman. Maka islam sendiri lah agama tertua. Baca alquran dan artinya. Trims. Wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semasih itu keyakinan kamu saya anggap benar. karna saya gak bisa mempersalhkan keyakinan orang apalagi tentang Agama.
      sedikit hal yang perlu di pelajari, buatlh postingan yang dibaca baik buat semua Agama. contoh "kamu" baikkah dalm postingan bila dibaca seperti itu. ok Ronny. .

      Hapus
  43. Hebat kali nich orang, apakah anda bisa menunjukkan bukti dari argumentasi anda?

    BalasHapus
  44. Woy.....UNKNOWN.... dasar lu orang tolol, elu tu yg harus banyak baca, dewa wisnu itu abadi you know??? A B A D I, dasar bego maka nya bacs dulu baru coment, emang kenyataan nya kalian tu gak punya pendirian, ada yg bilang agama tertua dan ada yg bilang agama terakhir, ...kok gak kompak cin,,,.. wkk wkkk ...wkkkk

    BalasHapus
  45. Maaf biar sedikit di perjelas... Islam agama tertua memang benar... Karena nabi adam pun beragama islam. Islam agama terakhir juga benar. Karena nabi muhammad dateng yang terakhir untuk menyempurnakan dan meluruskan ajaran agama yang telah banyak di selewengkan dari jaman nabi adam. Karena semua nabi yang diutus dibumi ini untuk mengajarkan bahwa tuhan itu satu/Esa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adam manusia pertma beragama islam? , jangan mencari kebenaran tanpa mengetahui kebenaran itu sendiri, bedakan mana yang disebut sejarah dan mana yang di sebut iman/keyakinan.

      Hapus
  46. Gue fikir cuma uang aja yg bisa di selwengkan,ternyata keyakinan bisa di slewengkan juga ya,?ada2 aja, kelihatan banget tuh ego kalian, yg pertama ya..yg terakhir juga ya,..
    by de way bahasa yg tertua apa mas brow..??bahasa arab atau sansekerta..? Buktinya aja di indonesia islam datang setelah hindu dan budha,yg di sebarkan oleh wali songong, eh.....songo maksud nya.

    BalasHapus
  47. PERHATIAN !!!

    Semua ajaran agama didunia itu bagus dan mengajarkan kebenaran dan yang nggk benar itu manusia nya.

    BUKTINYA

    Didalam semua ajaran Agama itu tidak ada yang mengajarkan menjelek"an dan yg tidak benar itu ya ini yg bikin blok ini BEGO and TOLOL !!! walaupun Agama sya ini ISLAM.

    BalasHapus
  48. Sudah saatnya kita instropeksi diri, membedah hati kita masing-masing, dan mengembalikan pertanyaan kepada diri kita, siapakah pemilik kebenaran itu? dan menyadarkan diri, siapa Zat yang menggerakkan seluruh kemampuan kita? alangkah sia sia kita menghabiskan kemampuan kita tanpa mengindahkan kata hati kita yang paling halus, kita sebenarnya sudah tahu menghujat itu salah dan salah itu dosa, kita sudah faham bahwa menghormati sesama itu baik dan baik itu pahala, lalu kenapa kita masih sibuk dengan kesalahan dan ketidak fahaman, bagi kami Islam itu sangat indah, coba renungkan kalimat ini "Sampaikan segala sesuatu dengan hikmah (bijaksana), hanya Allah yang dapat memberikan hidayah, dan hidayah hanya diberikan kepada siapa yang dikehendaki, tidak ada paksaan dalam agama dan masih banyak lagi. Itulah penyampaian Alquran yang begitu indah, pada dasarnya setiap yang indah akan memberikan rasa tenang dan nyaman, bila dengan keindahan yang ada justru menimbulkan rasa sebaliknya, maka kita cukup mengucapkan "Innalillahi wa innailaihi roji'un-semua berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah". Kita tidak perlu marah, murka atau dendam atas penolakan mereka, atau berkecil hati atas penolakan mereka, bukankah dunia ini adalah ujian, dan setiap ujian akan menghasilkan sebuah nilai, dan nilai itu akan menjadi penggenap apa yang akan diterima kelak, sampaikan dan sampaikan kebenaran itu lagi dan lagi lalu bersabarlah. Salam

    BalasHapus
  49. Yang jelas kristen itu tidak percaya ada nabi dari arab atau rasul orang arab
    Jika ada nabi datang dari luar bani israel itu nabi palsu itulah kepercayaan dan kenyataan

    BalasHapus
  50. Yang jelas kristen itu tidak percaya ada nabi dari arab atau rasul orang arab
    Jika ada nabi datang dari luar bani israel itu nabi palsu itulah kepercayaan dan kenyataan

    BalasHapus
  51. Ingat Dajjal itu adalah Pefitnah terdashyat, ia akan menghasut, memfitnah, dan memperalat umat manusia untuk saling membenci, dan membunuh, karna sesungguhnya Dajjal merupakan utusan Tuhan Yg Maha Esa untuk menggoda keimanan para kaumnya. Tuhan hanya 1, namu memiliki banyak sebutan, perumpamaan, pemahaman, dan pengertian, serta sesungguhnya Tuhan lah yg menciptakan Agama di muka bumi ini, hanya beliaulah yg menilai kebaikan dan keburukan, dan pada hakikatnya di dalam semua perbedaan dan perselisihan hanya Tuhan lah yg kita puja.

    BalasHapus
  52. Sesuatu yang baik dan benar itu tidak perlu dipoles atau ditambah-tambahi akan tetap terlihat baik dan benar kok... apalagi sampai harus melawan akal sehat dan fakta yang ada.

    BalasHapus
  53. Kenapa selalu saja dimana-mana di blog dll . dikatakan ajaran Tuhan Esa diselewengkan kemudian diluruskan dsb dsb.
    Padahal pengertian Tuhan Esa saja menurut kami salah besar. Tuhan Esa disamakan dengan satu sosok seperti individu yg berdiam di suatu tempat, yg mungkin sama dg Satu dewa, cuma bedanya blm diketahui wujudnya. Jadi satu sosok yg wujudnya unik tdk ada yg menyerupai, dn dg demikian jangan di samakan / disekutukan.

    Kalaupun berupa sosok / mahluk, kenapa mengatakan ada wujud unik? tdk bisa berubah wujud? tdk bisa menjadi banyak? tdk bisa pindah? tdk sakti ?

    Tuhan esa menurut ajaran kami bukan sepeti itu.
    Tuhan yg Esa adalah Brahman, tdk berwujud, rohani, tdk terbatas (maha besar), tdk terfikirkan. Karena itu sdh pasti tdk bisa dilihat walaupun setelah kita meninggal. Esa artinya rohani yg mutlak sama dimana-mana. Ibaratnya sifat setitik udara atau setetes samudera sama dimana-mana. Percikan rohani Brahman itulah rohnya pada Dewa dan semua mahluk. Dan tentu saja yg namanya dewa yg berwujud bisa ada banyak. Tingkatannya adalah pada tingkat kesadaran rohani / kesaaran Tuhan.

    BalasHapus
  54. Boleh saya mengajukan pertanyaan?
    Apa kunci surga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa yang keluar dri pkiran kita melalui tindakan, ucapan.
      itu kunci surga..
      that's simple

      Hapus
    2. Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari tuhanmu dan surga yg luasnya seluas langit dan bumi yg di sediakan untuk orang2 yg bertaqwa. Yaitu orang2 yg menginfakan hartanya baik dwaktu lapang maupun sempit, yg menahan amarahnya, yg memaafkan kesalahan orang, Allah menyukai orang2 yg berbuat kebaikan.

      Hapus
  55. saya heran sama kalian para fanatik,sebegitu inginnya kah kalian dianggap mempunyai agama yg paling benar? jika itu yg anda2 cari maka ambil dah gelar "agama paling benar" buat kalian,karena hindu sama sekali tidak ingin terkenal sebagai agama paling bagus,namun setidaknya hormati kami,suksma

    BalasHapus
  56. jujur saya benci sekali dengan org2 egois yg mau menang sendiri,sdar dong kita punya 5 agama di indonesia,hargai itu.. kalo kalian merasa agama kalian yg paling benar,yg paling bagus. silahkan buat negara islam sendiri,atau pergi ke aceh sana,disana ada hukum khusus kalo gak salah untuk agama islam,jangan dsini nyerobot . apalagi org2 islam yg ada di bali,sadar dong kalian itu pendatang. maksudku sebagai pendatang janganlah ngerasa kalian paling berkuasa. mungkin kalian bisa bersikap sprti itu di tanah kalian

    BalasHapus
  57. yg buat blog ini mana nih? ngepost kok gak ada tanggung jawab sama sekali,saran buat abang arman aren,jgn buat gini2 lagi ye kalo gabisa tanggung jawabin. bitch

    BalasHapus
  58. aku dah agak org indon bodo boleh plak banyak org peyembah berhala kepala gajah hahaha....bucok tol org hindu bau macam patat......aku pikir yg sembah patung org india dan cina rupanya indon pun ikut sembah wkwkwkwkwkwkw islam agama benar siap memberitahu macam mana manusia lahir yg di iktiraf oleh sains moden agama hindu ada....sembah patong lepas tu kate idol bangang gitu sesunguh nya kalian berada dalam kesesatan yg nyata.........ingat tanda2 kiamat yg kecil sudah terjadi tingal tande kecil je..........satu satu agama haram kan arak iaitu islam......aku tak beberapa ambik tahu agama hindu sembab agama bull shit pisah kan bangla dr india sebab diorang bukan hindu tapi uslam.....islam sepeti supehero contoh spider man yg dimaki sebagai penjahat oleh orang ramai padahal dia orang baik yg ingin menolong orang.......islam diangap teoris kerna yahudi memasuk unsur islam jahat dalam cerite diorang yg pembom berani mati tu ngak benar dong hanya sandiwara orang kapir yahudu.......td aku baru aku gi kencing kepala patung hindu lepas tu patung tu terajang aku dong sakit bangat deh lepas tu dia kata aku dewa or tuhan sembah aku lepas tu gue kata ngak gue takmau sembah lu lepastu dia kata lu pasti masuk neraka gue pon kata gue islam hanya pecaya allah tuhan padahal lu patung diciptaka oleh manusia breset dong....mana munking patung bisa bebicara ......kesian kat tuhan lu tak disembah.....lu sembah patung kepala gajah untuk ape sik...........sesunguh nya patung yg kalian sembah bakal meyiksa kalian di neraka nanti hahaha......nak gi kencing patung hindu jap.........hanya islam haramkan arak.........kite bakal beperang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai kapanpun islam nggak bisa nguasai dunia fuck

      Hapus
  59. klu islam agama teoris mengapa islam ditindas contoh miyanmar....palestine....syria....irak lu orag kapir agama teoris ........udah udah sembah patung nanti lu ikut wkwkwk agama goblok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  60. Ane liat dari atas komennya pada ngawur smua, emang itu yang diajarkan agama kalian?? Agama manapun sbenernya hanya kepercayaan yang menuntun kita berbuat kebaikan bukan malah mencaci maki agama lain...klo orang yg berbuat tidak baik itu orangnya yg TOLOL bukan agamanya...jadi kalian orang berAgama apa orang TOLOL???

    BalasHapus
  61. Ane liat dari atas komennya pada ngawur smua, emang itu yang diajarkan agama kalian?? Agama manapun sbenernya hanya kepercayaan yang menuntun kita berbuat kebaikan bukan malah mencaci maki agama lain...klo orang yg berbuat tidak baik itu orangnya yg TOLOL bukan agamanya...jadi kalian orang berAgama apa orang TOLOL???

    BalasHapus
  62. Banyak-banyaklah belajar sejarah mas

    BalasHapus
  63. Huff, luchu , implusif dan kocak kalian semua
    KENAPA?

    kalau mau debat perbandingan agama jgn lewat media ini, yg ada pada merasa benar? Ya memang pada benar kan ajaran2 masing?

    think a smart mas bro dan mbak2 sekalian, udh tau blog ini blog gratisan dan isinya pun harus diuji,
    hmm tp penulis itu punya referensial kan tulisan ini?

    Jd kan renungan , kalau anda punya pendapat luangkan lah tp bukan jd nya menghujat..

    asal anda tau ya, semakin anda yakin dan yakin bgt sampe anda mencemoh , makin keliatan loh anda semua itu bodoh dan sok..serius deh jd nya anda2 itu ngak bijak.

    Jujur saya ktawa melit komen2 diatas pd kata2in agama lain..pdhl anda juga ilmu nya masih rendah, baru membaca kan? Blm observasi?karna kalau anda pun tau ttg ini semua ga akan ada tulisan cemooh..beruntung klo anda benar, klo salah ?

    Debat lah bagi yg tidak sependapat tp ingat pakai kecerdasan intelektual dan rohani anda sekalian supaya diterima. Hehehehe..

    singkatnya, semua yg terjadi saat ini adalah kehendak tuhan, ada yg tersurat dan ada yg tersirat
    ada yg anda tau dan ada yg anda tidak tau

    saya yakin anda semua sepakat kalau semua agama mempunyai inti yaitu lakukan maksimal kebaikan ,..mbok ya masing 2 fokus lah pada hal ini, jgn kbawa nafsu untuk meng judge hal2 yg belum kita dalami.

    ILMU TANPA IMAN ya jd bgini deh pada sok2 an cemooh padahal kalau pun anda yakin jgn sampai hati agama selain anda terluka .. IMAN TANPA ILMU jg seperti itu..

    INTINYA ADALAH KALAU INI ILMU YG BERMANFAAT AMBIL KLO TIDAK BAGI ANDA YG MERASA KURANG SETUJU SILAHKAN POSTING DENGAN BIJAK SEHINGGA JD RUBIK YG CERDAS DAN BERMANFAAT BUKAN JD AJANG MAIN KATA2AN , Semoga jd inspirasi untuk anda2 pecinta blog2 sebagai pembaca yg cerdas, bijak dan mencerdaskan.

    * bagi anda yg suka mengatai agama2 lain, lebih baik menjadi pembaca yg pasif saja , drpd mengkotori hati anda sekalian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya ente yang dari tadi ribut perasaan otak ente kan kecil tapi berisik banget . Fuck

      Hapus
  64. BAGI AGAN2 SEMUA TUH LIAT, PENULIS MENCANTUMKAN SENTIEL ATAU ISTILAHNYA REFERENSIAL YG SUDAH PASTI DIPERTANGGUNG JAWABKAN , KALAU PUN HARUS DICERMATI ISI NYA TLG CANTUMKAN REFFERENSIAL DARI ANDA SEKALIAN...ADUHH JGN BODOH2 NAPA, KLO ANDA TIDAK TERIMA SILAHKAN LEBIH BAIK CARI TUH REFFERENSIAL DAN AJAK OPEN MIND PROBLEM, ASIK KAN !! Hehehe good night all

    BalasHapus
  65. Hah parah dah jadi saling menghina. Ya sudah agama tuh ini. Kalo ISLAM tuh hanya mengenal satu tuhan yaitu Allah tuhan yang menciptakan alam semesta dan seisinya. Jadi orang islam itu menyembah tuhanya tanpa perantara apapun. Kalau HINDU BUDHA KRISTEN Dll ya tentunya punya cara cara sendiri yang harus mereka jalankan dengan caranya sendiri dan harus di hormati itu. Kita semua wajib saling menghormati janganlah saling mecela apalagi memfitnah. Hati hatilah karena setan senang dengan keadaan seperti ini. Jangan terjebak permainan setan.SALAM NKRI

    BalasHapus
  66. Hah parah dah jadi saling menghina. Ya sudah agama tuh ini. Kalo ISLAM tuh hanya mengenal satu tuhan yaitu Allah tuhan yang menciptakan alam semesta dan seisinya. Jadi orang islam itu menyembah tuhanya tanpa perantara apapun. Kalau HINDU BUDHA KRISTEN Dll ya tentunya punya cara cara sendiri yang harus mereka jalankan dengan caranya sendiri dan harus di hormati itu. Kita semua wajib saling menghormati janganlah saling mecela apalagi memfitnah. Hati hatilah karena setan senang dengan keadaan seperti ini. Jangan terjebak permainan setan.SALAM NKRI

    BalasHapus
  67. Hah parah dah jadi saling menghina. Ya sudah agama tuh ini. Kalo ISLAM tuh hanya mengenal satu tuhan yaitu Allah tuhan yang menciptakan alam semesta dan seisinya. Jadi orang islam itu menyembah tuhanya tanpa perantara apapun. Kalau HINDU BUDHA KRISTEN Dll ya tentunya punya cara cara sendiri yang harus mereka jalankan dengan caranya sendiri dan harus di hormati itu. Kita semua wajib saling menghormati janganlah saling mecela apalagi memfitnah. Hati hatilah karena setan senang dengan keadaan seperti ini. Jangan terjebak permainan setan.SALAM NKRI

    BalasHapus
  68. KEBENARAN DI ALAM SEMESTA INI HANYA ADA SATU,, APAKAH KITA TIDAK TERMASUK ORANG YANG BERFIKIR??
    TINGGAL DIBUKTIKAN SAJA APAKAH DALAM KITAB SUCI MASING MASING ADA PERTENTANGAN DI DALAMNYA,, DAN APABILA ADA, ITU PASTI BUATAN MANUSIA,,

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. Assalamu'alaikum wr. Wb


    ASTAGFIRLLAH AL AZIM. Insyaf lahh , sebelum ajal menjemput mu semua. Hidup di dunia ini hanyalah sementara, kita sebagai manusia haruslah berbuat kebaikan dan hal- hal yang positif tidak melencengkan kepercayaan masing-masing. Hidup di akhirat itu kekal, sedangkan hidup di dunia hanya sementara. Jadi jangan mementingkan duniawi saja, tetapi kita harus mementingkan akhirat. Nanti pada waktu ajalnya,ketika semua manusia berkumpul di akhirat semuanya akan mengetahui, mana agama yang sesungguhnya dan mana tuhan yang sebenarnya. Sesungguhnya hanya Allah SWT lah yang maha pencipta, maha esa, maha kuasa dan maha segala-galanya.

    Kalau anda bingung dengan kepercayaan yang sedang Anda anut. Lihat video sebuah diskusi , yaitu Dr Zakir Naik . Yaitu seorang moderator yang mempunyai pengetahuan luas tentang semua agama dan beliau afal dengan semua kitab. Yaitu Al-Quran , bibel, weda dll.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr Zakir naik mengetahui dan mendalami kitab itu semua, karena beliau belajar. Saya bukannya percaya dalam hal yang istilah itu musyrik ya, Saya hanya percaya terhadap Allah SWT. Kalau Bapak hanya fikir dalam hal yang nethink tidak berfikir positif itu akan merugikan Bapak sendiri. Cobalah berfikir positif terlebih dahulu, jgn langsung bertindak dalam mengemukakan pendapat. Coba Bapak nonton terlebih dahulu, baru berkomentar. fikir matang-matang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  73. Book Ini seakan akan menghancurkan persatuan Dan kesatuan bangs a kit a, lebih baik tinggalkan saja book Ini, tidak Ada gunanya memperdebatkan agama, kalau agama kalian merasa benar tunjukanlah moral kalian Dan akhlak kalian, datang Dan buktikan bahwa agama kalian benar, percuma dengan mulut saja tanpa adanya praktek langsung, agama it panutan bro bukan dijadikan perdebatan yg gak berguna, salam damai sejahtera selalu

    BalasHapus
  74. Ahhh blog sok bllog anjing agama islam copast jing hindu tertua LOL islam copast liat tu sekarang banyak jamahah yang matek akibat banyak tragedi paling tuh orang pendosa semua blog LOL Blog Sampah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuhan itu hanya 1 ,yang menciptakan alam semesta adalah tuhan ,yang menciptakan mahkluk hidup juga tuhan ,kenapa kita semua harus berdebat seperti ini ,tuhan itu hanya 1 ,kita memuja tuhan yg mencitakan semuanya . Semua agama itu sama saja mengajarkan kebaikan ,hanya setan yg berfikir egois dan jahat
      Thank you

      Hapus
  75. لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
    Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku

    sudah jelas....tertera .... kita hidup berdampingan sebagai mahluk sosial yang tidak seharusnya saling berkata kasar.....
    saya faham tujuan blog ini hanya untuk memantapkan orang" penganut islam akan beragama
    .......
    tapi mengapa malah menjadi ajang untuk mengunggulkan agama masing".....dan ajang untuk menjelekan agama orang....
    semua orang punya pandangan dan keyakinan masing".....

    yang semula saya semangat membaca blog ini...setelah membaca komenan" yang tidak pantas.....
    membuat saya semakin prihatin...betapa rendahnya moral orang" modern saat ini

    BalasHapus
  76. Allah menurunkan al-qur'an yg haq(benar) . tidak ada sedikit pun keraguan didalam nya . dan ayat2 allah tidak ada yg semisal dengan nya . dan org kafir lah yg merusak ayat2 allah tersebut .mereka hanya bisa merusak nya . dan ketahuilah org yg menentang ayat2 allah bagi mereka azaaab yg sangat pedih . mereka kekal di dlm nya

    BalasHapus
  77. Allah menurunkan al-qur'an yg haq(benar) . tidak ada sedikit pun keraguan didalam nya . dan ayat2 allah tidak ada yg semisal dengan nya . dan org kafir lah yg merusak ayat2 allah tersebut .mereka hanya bisa merusak nya . dan ketahuilah org yg menentang ayat2 allah bagi mereka azaaab yg sangat pedih . mereka kekal di dlm nya

    BalasHapus
  78. Buat sodara" ku sesama muslim... Inget surat alkafirun yg bunyi nya
    Lakum dinukum waliyadin
    "bagiku agamaku, bagimu agamamu"

    Gk usah debat nape... Perbaikin aja akhlak kalian masing"... Kalian cuman manusia... Yg bener cuman tuhan...
    Jihad diri sendiri dulu sebelum jihad yg lain

    Wassalam

    BalasHapus
  79. Buat teman muslim anda harus mengerti ini jika kejahatan di balas kejahatan itu biasa,atau kebaikan di balas kebaikan itu biasa,namun kejahatan di balas dg kebaikan itu luar biasa itu lah kasih tuhan yesua yg saya rasakan,damai sejahtera yg tidak saya temui di agama saya islam dulu,tuhan yesus memberkati saudara saya yg muslim,salom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yakin anda tidak mendalami AL-QURAN, dan ANDA tidak mendalami INJIL yang sekarang, bahkan ANDA tidak paham ke-2 isi KITAB tersebut, Anda lihat di negara2 maju, Mereka mulai mengerti apa itu ISLAM, dari ILMUWAN, PEJABAT, SELEBRITY BAHKAN PENDETA KRISTEN SEKALIPUN. INI FAKTA SAUDARA, TIDAK DAPAT ANDA PUNGKIRI, di negara2 barat, ISLAM mulai menjamur, dan Merupakan AGAMA yang nomor satu paling pesat perkembangan-nya, di-ikuti dengan agama budha, ke-2 agama tersebut paling pesat perkembangan-nya negara-barat saat ini. di -Inggris-jerman, belanda, Australi Bahkan Amerika, Bahkan satu gereja Masuk ISLAM, Gereja berubah Fungsi menjadi Masjid, ISLAM semakin ditekan, semakin di-zhalimi, semakin difitnah, justru malah semakin Menjamur, karena mereka tahu ISLAM adalah agama yang RASIONAL, tidak seperti konsep TRINITAS yang bikin pusing.

      Hapus
  80. Di mana mana orang islam selalu mengclaim apa pun itu.hadeh..... kpn orang islam itu sadar...

    BalasHapus
  81. Borobudur dulu juga di claim peninggalan islam dan penjelasan nya sangat ngawur. Pasukan mojopahit yang selalu berjumlah 40;orang juga di claim itu adalah pasukan islam dan penjelasan nya ga masuk akal dan cenderung ngawur....

    BalasHapus
  82. Assalamu'alaikum
    Selamat siang
    Om Ma Ni Beimi Hum

    Saya muslim, saya yakin disini penulis tidak maksud menjelekan tetapi mencoba menguak persamaan dan berbedaan..menggali sebuah kemiripan.

    Saya hanya ingin mengingatkan kepada yang Muslim. Mengenai 3 keilmuan yang mesti kita pelajari Ilmi Tauhid : Ilmu mengenal Allah, dan pada makhluknya. Agar ilmu ini tidak tercemar maka kita wajib belajar Ilmu Fiqh : tatacara beribadah kita kepada Allah. Dan agar Ilmu Tauhid serta Ilmu Fiqh tidak tercemar kita wajib mempelajari Ilmu Tasawuf sehingga hubungan kita dengan Allah dan MakhlukNya menjadi sempurna.

    Setelah kita mempelajari,memahami dan mengamalkan Ilmu2 itu kita akan bisa menjalani hidup Dunia Akhirat dengan penuh kebahagiaan,keselamatan kerahayuan dengan kunci Ikhtiar,Istiqomah dan Ikhlas.

    Salam damai pendeta-pendeta Agama.
    Salam dari Kami Muslim Pluralism.

    BalasHapus
  83. Menurut saya sih, ISLAM, BUDHA, HINDU, secara Esensi, banyak persamaan-nya, kecuali kristen saya masih bingung sama konsep TRINITAS-NYA, bahkan kemunculan NABI MUHAMMAD sudah di PREDIKSI pada agama HINDU & BUDHA, coba dah pelajari. kita lihat kitab ramalan bhagadavgita tentang ramalan kemuncunlan Muhammad yang disebut sebagai seorang RESI yang naik unta, yang mempunyai 4 orang sahabat, pokoknya banyak dah dijelaskan disitu Mirip sekali dengan sejarah hidup nabi Muhammad, UNTUK LEBIH JELAS-NYA COBA ANDA BROWSING DI GOOGLE, JUDULNYA - NABI MUHAMMAD ADA DALAM KITAB SUCI AGAMA HINDU, WASSALAM, OM SWASTI YASTU, OM SANTI-SANTI OM..

    BalasHapus
  84. Pulau Dewata sengaja di abadikan sama Allah biar kita orang modern mengenal sejarah dr zaman Sweta Dwipa.
    Namun zaman Sweta Dwipa ga ada nama Hindu.
    Zaman Nabi Adam- Nabi Nuh belum ada nama Islam.
    Bahkan dr Big Bang sndiri ga ada apa2.
    Mulai zaman Nabi Ibrahim as 2000SM , dunia mengenal Agama Samawi / Agama Ibrahimiah / Ibrahimovic yg tersebar ke seluruh penjuru dunia kecuali Cina.
    Bis itu baru Yahudi, Nasrani, Islam dll.
    1000 SM Hindu baru dinamakan.
    0M Nasrani baru dinamakan.
    550an M Islam baru dinamakan.
    Dan agama2 lain.

    Intinya kita ga usah berdebat nama apa yg duluan, agama apa yang duluan.
    Yang penting adalah Ketuhanan Yang Maha Esa aja. Biar terbentuk kemanusiaan yg adil dan beradab untuk mewujudkan persatuan Indonesia. Biar jadi negara yg kerakyatan yg dipimpin oleh hikmat dll dg tujuan utama keadilan sosial bagi seluruh Rakyat.

    Indonesia memang di ciptakan beda2 dg 360 suku bangsa, bahasa, adat, agama, ras, warna kulit dll. Kesemua itu TIDAK BOLEH menjadi perbandingan yg ujung2nya memecah belah rakyat.
    Keanekaragaman seharusnya di syukuri, karena ini adalah anugrah Indonesia dr Tuhan Yang Maha Pencipta sbg negara yg multikultural.
    Keanekaragaman seharusnya menjadi kekayaan.

    Mau gimana caranya beribadah biarlah setiap individu berdaulat dg caranya masing2. Biarlah Tuhan yg menilai.

    Kita ini cuma murid dr Sang Maha Guru. Kita ga boleh mengisi raport sesama murid.
    Kita harus bangga menjadi Indonesia yg beranekaragam.

    BalasHapus
  85. Dalam Surat Al A’raaf ayat 143, Musa ‘Alaihissalam pernah meminta ingin melihat Dzat Allah. Kemudian Allah berkata kepada Musa, “Lan taraniy” (engkau tak akan sanggup melihat-Ku). Lalu Allah memperlihatkan diri-Nya kepada gunung, seketika itu gunung tersebut hancur berkeping-keping karena takut kepada Allah. Melihat gunung hancur, Musa langsung pingsan.

    Subhanallah Allah Maha Kuasa

    BalasHapus
  86. Astaghfirullah !

    Kebanyakan yang komentar dari artikel di atas adalah orang-orang yang menyukai DEBAT. Na'uwdzubillah !

    BalasHapus
  87. terima kasih postingannya,
    mau debat seperti apapun gak akan ada hentinya. knapa?? karna semua punya keyakinan.
    saya Hindu saya yakin agama saya baik, begitupun dengan agama Islam, Kristen, Budha semuanya sangat" baik.
    sedikit memberi saran buatlah atau postinglh informasi yang dapat mempererat persaudaraan antar Agama bukan malah kelihatan sebaliknya. mengagungkan Sebuah Agama sendiri sangat bagus, tapi jgn memberi kalimat yang malah menjelekan penganut Agama lain. Hukum IT pun memberi tahu hal itu...
    ok.. .

    BalasHapus
  88. Semua agama adalah sama, yang berbeda hanya Outputnya (Cara beribadahnya saja, jika di dalam Islam disebut Syari'at), tetapi hakikatnya semua sama, sama2 menuju kepada sang pencipta, Rasul telah datang di tiap-tiap peradaban manusia, masing-masing rasul memberikan kendaraan agar umat manusia selamat, sedangkan mereka yang tidak selamat adalah yang menentang utusan tuhan sehingga hatinya dipenuhi kebencian.

    BalasHapus
  89. HINDU ADALAH SUMBER SEMUA AGAMA YG ADA DI DUNIA SAAT INI. HINDU ADALAH SANATANA DHARMA YG SUDAH ADA SEBELUM BUMI INI ADA....JADI YG NULIS INI AGAK SOK TAU...

    BalasHapus
  90. HINDU ADALAH SUMBER SEMUA AGAMA YG ADA DI DUNIA SAAT INI. HINDU ADALAH SANATANA DHARMA YG SUDAH ADA SEBELUM BUMI INI ADA....JADI YG NULIS INI AGAK SOK TAU...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari kitab mna anda belajar coba sebutkan ayatnya???

      Hapus
  91. Islam itu damai.gk ada yg sprti skrg ISIS!!! Itu hanya buatan illuminati dari amerika israel,karena kesirikan terhdp islam.biar dipandangnya islam itu teroris,ya itu buatannya setan juga.coba cari tahu knpa bnyak org yg pindah ke islam!!!wass....salam damai

    BalasHapus
  92. Islam itu damai.gk ada yg sprti skrg ISIS!!! Itu hanya buatan illuminati dari amerika israel,karena kesirikan terhdp islam.biar dipandangnya islam itu teroris,ya itu buatannya setan juga.coba cari tahu knpa bnyak org yg pindah ke islam!!!wass....salam damai

    BalasHapus
  93. Oiii. Kenapa ributin agama. Dan mejelekan agama yang laen. Darah qta sama" teman.agama gak ada ngajarin yng jelek. Semua balik ke personal masing" klo kalian ikut agama a.b.c ato d. Gak jaminan entar mati nya masuk surga. Semua balik ke prilaku masing" ketika hidup..klo udah manusia di ajarkan fanatik terhadap agama n kepercayaan. Mereka hanya membangun kebencian. Apakah ketika bayi lahir to udah dalam darah ato badan nya ada stempel agama yang harus di anut nya?

    BalasHapus
  94. jika kalian yg disini merasa agama kalian benar jangan sekali sekali kalian berbuat dosa/melenceng dari ajaran agama yg kalian yakini. jika itu terjadi berarti kalian meragukan apa yg kalian yakini. so kalian sendiri yg membuat kepercayaan yang terbungkus dengan label agama itu menjadi jelek dan tidak pada fungsinya. itu agama kalian milik kalian. soal adat istiadat atau nenek moyang. pada dasarnya orang tua "tidak pernah mau" untuk disalahkan. meskipun yg muda melakukan hal yg benar.. karna sesungguhnya saya yg menulis jauh tidak lebih baik daripada kalian yg membaca. tapi think again apa yg saya sampaikan. mudah mudahan kalian mendapat pencerahan dan menuju satu titik yang sebenarnya kalian cari cari. tapi jangan juga menjadi tanpa agama yg percaya pada logika. karena ada beberapa hal yg tidak bisa ditanggapi dengan logika. itu yg membuat si tanpa agama yg berlogika ini jadi punya nilai kesalahan yg fatal,., terima kasih

    BalasHapus
  95. Agama Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala,,
    agama Islam sudah ada sebelum adanya kehidupan,,agama Islam mengajarkan kebenaran...
    Tetapi kalau terorisme itu adalah kaum sesat dan bengis yang mengatasnamakan Islam, dan terorisme sangat bertentangan dg Islam,, karena terorisme itu stress..

    BalasHapus
  96. Assalamu'alaikum wr.wb
    Agama Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala,,
    agama Islam sudah ada sebelum adanya kehidupan,,agama Islam mengajarkan kebenaran...
    Tetapi kalau terorisme itu adalah kaum sesat dan bengis yang mengatasnamakan Islam, dan terorisme sangat bertentangan dg Islam,, karena terorisme itu stress..
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  97. Assalamu'alaikum wr.wb
    Agama Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala,,
    agama Islam sudah ada sebelum adanya kehidupan,,agama Islam mengajarkan kebenaran...
    Tetapi kalau terorisme itu adalah kaum sesat dan bengis yang mengatasnamakan Islam, dan terorisme sangat bertentangan dg Islam,, karena terorisme itu stress..
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  98. Pada nggak ngerti ARTI TAUHID SIH
    Jadi pada comment asal njeplak, ketak-ketik di laptop, tulis sana-tulis sini
    Jangankan yang Non Muslim, sedangkan yang Islam tujuh turunanpun masih ada yang ggak ngerti TAUHID

    BalasHapus
  99. Simple sekali sebenarnya pemecahan permasalahan nya. Kita semua jangan percaya dengan agama..agama adalah ciptaan manusia, jadi pasti akan ada hal yang tidak sempurna.sama halnya dengan manusia sendiri, tidak ada yang sempurna..makanya kita percaya hanya pada tuhan. Dimksudkan agar kita tahu batas-batas kita sebagai manusia untuk tidak berbuat yg jahat dan tidak menyakiti sesama manusia..sesungguh nya kita adalah ciptaan tuhan itu sendiri jadi kenapa kita harus menyakiti dan berbuat yg tidak baik kepada ciptaan tuhan, itu berarti kita sama sekali tidak menghargai tuhan. Harusnya kita saling mengasihi dan saling melindungi..kalau agama hanya membuat kita sesama manusia saling menyakiti..apakah itu yg anda yakini..apakah itu yg anda bangga-banggakan...agama itu adalah sebuah aturan untuk kita sesama manusia untuk saling menghargai dan saling mengasihi bukan untuk saling caci maki..bila ada yg percaya kalau agama itu adalah sesuatu yg pling di anggap suci..berarti kita tidak percaya adanya tuhan..kita cuma percya adanya agama yg pling hebat dan pling benar...karena agama itu mengandung sifat- sifat manusia..Jadi yg paling sempurna adalah kita menyembah tuhan bukan agama...

    BalasHapus
  100. Assalamualaikum wr.wb

    Saya dari agama islam.... Allah hualam hanya allah yg tau semua kebenaran yg naya pasti kta akan tau setlah kita mati... Di atas langit masih ada lngit lgi artinya masih ada kehidupan selain di bumi ini......

    BalasHapus